Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Bagi ibu-ibu muda yang sedang merencanakan untuk memiliki momongan, menjadi gemuk adalah sebuah ketakutan yang wajar. Begitu pula dengan kita, bukan.. Karena, banyak contoh di sekitar kita yang setelah melahirkan umumnya memperlihatkan kenaikan berat badannya yang lumayan besar dari berat semula sebelum hamil.

Tapi, jangan khawatir yang berlebihan. Semua itu bisa diatasi dengan melakukan perilaku hidup sehat di bawah ini:

• Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran. Dalam proses ini, sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh. Hormon-hormon inilah yang akan membantu uterus (rahim) untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula seperti sebelum hamil.

• Konsultasikan dengan dokter, olahraga apa yang aman dilakukan, dan kapan bisa mulai dilakukan. lni penting, terutama bagi kita yang melakukan operasi Caesar.

• Salah satu cara yang menyenangkan adalah beraktivitas dengan si kecil. Secara tidak langsung ini akan membakar lemak dalam tubuh. Misalnya dengan mengajak si kecil berjalanjalan, atau bahkan menggendong si kecil dan mendorongnya dengan stroler itu bisa membakar lemak dalam tubuh kita.

• Ubah kebiasaan makan. Lebih baik makan 3 kali sehari dengan menu komplet (nasi dan lank pauk) daripada makan hanya sekali tapi ditambah dengan camilan yang manis dan kurang menyehatkan (misalnya: cokelat, permen, snack). Untuk kita yang masih menyusui jangan lupa memperhatikan kecukupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi.

• Banyak-banyak minum. Ini untuk mencegah dehidrasi.

• Buat target yang realistis. Tidak mungkin berat badan kembali ke ukuran sebelum hamil hanya dalam waktu sekejap. Karena itu untuk memotivasi diri, tempel foto sebelum hamil di tempat yang mudah terlihat (misalnya: di kulkas).

• Dengarkan tubuh. Jika kita merasa sakit pada bagian tertentu, atau bahkan mengalami perdarahan.

• Cari teman untuk berolahraga. Lebih baik lagi jika kita punya teman yang sama-sama habis melahirkan. Jadi bisa saling memotivasi.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...