Alasan Pentingnya Detail dalam Desain

Alasan Pentingnya Detail dalam Desain- Ruang yang didesain dengan baik tak hanya memberi tampilan visual menarik, namun juga harus memberi kehangatan dan kenyamanan bagi jiwa. Untuk itu, pada pekerjaan desain sebaiknya tak hanya fokus pada penataan obyek yang apik, melainkan juga pemilihan obyek yang tepat.


Pun, tak hanya berpikir tentang "apa", tetapi juga "siapa". Apa yang diaplikasikan dan siapa yang akan menikmati dan menggunakan, itu hal penting dipertimbangkan.

Untuk itulah, fungsi menjadi pertimbangan utama di samping selera. Setiap individu punya selera berbeda menyangkut jenis obyek yang dipakai dan cara menatanya.

Sebuah ruang yang didesain sesuai selera penghuni dan pemakainya akan menghadirkan sentuhan personal yang unik dan memberi rasa dekat, nyaman, serta hangat.

Pekerjaan desain juga tidak melulu berhubungan dengan sesuatu yang besar dan memberi perubahan banyak, misalnya mengubah layout ruang. Perlakuan kecil yang memperhatikan detail sangat dimungkinkan dapat memberi perubahan besar dalam tampilan visual dan kesan.

Nah, eksplorasi detail apa saja yang bisa diterapkan? Apa perannya dalam pekerjaan desain ini?

Soft Furnishing

Penciptaan suasana dapat dengan mudah dilakukan dengan pemilihan soft furnishing yang tepat. Penentuannya dapat dilakukan melalui pemilihan pada jenis, warna, pola, dan teksturnya.

Selain pilihan jenis bahan, daya tahan dan tingkat perawatan menjadi sesuatu yang krusial dalam memilih soft furnishing. Dalam desain, aplikasi soft furnishing dapat hadir melalui sarung bantal, taplak, karpet, kap lampu, atau kain gorden. Perbedaan jenis, warna, pola dari bahan-bahan ini akan menyajikan ekspresi yang berbeda pada ruangan.

Lalu, apa peran tekstur?

Tekstur akan memberi sensasi pada indra manusia. Setiap benda menampilkan ekspresi tekstur yang berbeda dan unik. Perpaduan tekstur halus dengan yang kasar akan menghasilkan kontras yang membentuk keserasian dan sensasi yang menyegarkan.

Penataan Obyek dan Aksesori

Penataan obyek menentukan keberhasilan desain secara keseluruhan. Aksesori diperlukan sebagai sentuhan akhir yang menegaskan karakter dan suasana ruang.

Mempelajari jenis obyek adalah langkah pertama, baru kemudian menatanya. Obyek bisa diatur menurut jenis, fungsi, atau ukurannya. Namun, sebuah kreasi yang seragam, tanpa adanya variasi dapat menciptakan sesuatu yang monoton.

Memainkan komposisi dapat menjadi solusi kemonotonan ini. Setiap obyek atau benda memiliki sifat bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Kesatuan visual menjadi penting ketika kita memainkan komposisi obyek apapun.

Permainan komposisi bisa dilakukan dengan metode pengulangan atau menghadirkan objek secara berulang, baik pengulangan warna, tekstur, maupun jarak yang sama. Komposisi bisa hadir dalam sebuah tampilan yang kontras, atau juga permainan pola teratur, bahkan yang tidak teratur sekali pun.

Apapun metode yang dipilih sah-sah saja. Hanya, hal terpenting adalah tetap serasi dan apik.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...