Perawatan Untuk Rambut Gimbal

Perawatan Untuk Rambut Gimbal
Rambut gimbal atau dikenal juga dengan dreadlock merupakan salah satu model rambut yang cukup digemari sejumlah orang sebagai bagian dari fesyen. Tidak hanya laki-laki, kaum perempuan pun ada yang meniru gaya rambut ini.


Rambut gimbal dibuat dengan cara menggumpalkan atau mengusutkan rambut, sebelum kemudian dikunci. Akan tetapi sahabat anehdidunia.blogspot.com, meskipun terkesan kusut dan berantakan, bukan berarti gaya rambut yang dipopulerkan oleh sejumlah artis seperti Bob Marley, Zack De La Rocha, hingga Mbah Surip ini tidak memerlukan perhatian. Seseorang yang berambut gimbal justru harus punya ekstra waktu dan juga finansial untuk memelihara rambut agar tetap tumbuh sehat.

Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan bagi mereka yang memiliki rambut gimbal:

1. Para pakar rambut menyarankan untuk tidak membasahi rambut dalam jangka waktu empat hingga enam minggu setelah proses penggimbalan. Dalam kurun waktu tersebut, bisa dipastikan kulit kepala akan terasa gatal dan sangat kotor karena debu dan minyak yang berasal dari kulit kepala.

Nah, untuk membersihkan kulit kepala yang gatal, pilih produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori atau menyebabkan penumpukan seperti anti-itch scalp oil dan organic root stimulator herbal cleanser. Tuangkan kedua produk tersebut masing-masing sebanyak satu tetes pada sehelai kapas, dan oleskan sedikit demi sedikit ke kulit kepala.

2. Pada masa-masa awal, minta bantuan profesional untuk membantu merawat rambut gimbal Anda. Mereka dapat memperlihatkan bagaimana cara menjaga rambut terlihat rapi dan terawat.

3. Untuk mencegah rambut gimbal terlihat kusam, jauhi produk-produk yang mengandung kadar minyak tinggi seperti petroleum jelly dan petrolaum. Produk-produk tersebut bisa menyebabkan penumpukan dan menyisakan residu yang dapat merusak gimbal. 

4. Jangan pula menggunakan lilin (wax)--meskipun ada pula yang berargumen sebaliknya. Dalam banyak kasus, penggunaan lilin dapat menyebabkab penumpukan di sela-sela rambut dan meninggalkan residu lengket seiring berlalunya waktu.

Sebagai alternatif, gunakan produk yang memiliki kandungan minyak yang hampir mirip dengan minyak alami rambut, seperti minyak patchouli atau essential oils seperti tea tree oil, rosemary oil, atau jojoba oil. Tea tree oil sebenarnya merupakan pilihan yang paling tepat karena dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala.

5. Untuk menjaga gimbal agar tidak rusak, gunakan penutup kepala longgar yang terbuat dari satin atau sutra ketika tidur. Bahan polyester juga pilihan yang baik karena membiarkan rambut bernafas meskipun ditutupi. Jika tidak mau menggunakan tutup kepala, gunakan sarung bantal yang terbuat dari satin atau sutra.

6. Jika gimbal sudah jadi, beberapa pakar rambut menyarankan untuk melakukan keramas setiap dua sampai tiga minggu sekali. Akan tetapi sahabat anehdidunia.blogspot.com, frekuensi ini masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Keramas rambut secara hati-hati dan lembut. Ketika membasuh kulit kepala, pijat secara lembut menggunakan ujung-ujung jari dan jaga agar gimbal tidak kusut.

7. Gunakan shampoo yang mampu menjaga kelembapan alami serta menjaga derajat keasaman rambut. Untuk conditioner, beberapa orang memilih untuk tidak menggunakannya karena khawatir akan mengendurkan gimbal dan membuat rambut terlampau lembut.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...