INFO TENTANG CARA KB ALAMI


Karena banyak pertanyaan ke inbox yang menanyakan bagaimana cara KB yg alami maka saya paparkan beberapa teknik KB alami. Selamat Mengkaji semoga bermanfaat.

Pengetahuan yang mendasar mengenai KB Alami atau tidak adalah bahwa kehamilan terjadi karena faktor bertemu-nya sperma pria dan sel telur pada wanita. Nah Selanjutnya KB ini baik alami maupun tidak adalah upaya bagaimana cara agar sperma tidak bertemu dengan sel telur.

Langkah Pertama Adalah : Mengetahui Waktu Subur Wanita 

Ovulasi atau masa subur pada wanita umumnya berlangsung sekitar 14 hari, sebelum saat
menstruasi berikutnya sebagai contoh :

Ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari lamanya serta hari pertama menstruasi dimaksud dengan hari ke-1, jadi umumnya wanita mendapat masa subur (ovulasi) pada hari ke-14. Ketika siklus menstruasi-nya 32 hari, jadi umumnya masa subur wanita dapat berlangsung pada hari ke-18.

Saat masa subur berlangsung, maka sperma adalah memiliki waktu 24 jam untuk membuahi sel telur wanita yang ada di tuba falopi. Sperma Pria mampu bertahan hidup hingga 7 hari sesudah berlangsungnya hubungan intim. Maka dengan memahami proses ini, kita memiliki info dan pengetahuan dasar tentang fase kesuburan pada wanita pada tiap siklus menstruasi. Namun demikian ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur, lebih sukar untuk kita mengetahui periode masa suburnya.

JIKA TIDAK TERATUR BERARTI ADA FAKTOR STRES, COBA DITERAPI STRESNYA DULU.

Nah Akurasi penentuan saat ovulasi/masa subur adalah bekal utama untuk menerapkan KB secara Alami.

Pedoman Menentukan Proses Berlangsungnya Masa Subur

Tiga prinsip yang harus di jadikan pedoman dan dipakai untuk mengetahui proses berlangsungnya masa subur yaitu dengan :
  • Metode kalendar
  • Metode suhu tubuh
  • Tes lendir vagina

Metode kalender
Dengan melihat saat awal berlangsungnya siklus menstruasi , anda dapat memperoleh gambaran tentang kapan berlangsungnya periode masa subur pada wanita. Perihal ini dikarenakan umumnya periode Ovulasi dapat berlangsung 12-16 hari sebelum saat berlangsungnya menstruasi.

Metode suhu tubuh
Pada waktu berlangsungnya masa subur wanita, tanda-tanda yang paling umum adalah bisa diketahui dari suhu tubuh yang mengalami kenaikan 0, 5 ° c. Ini dikarenakan dampak hormone progesteron. lantas pada saat-waktu yang dikira mendekati periode subur, yang bisa dilakukan adalah untuk pengecekan suhu tubuh wanita tiap-tiap pagi untuk mengetahui adanya kenaikan suhu tubuh.

Tips: Untuk mengukur suhu tubuh, yang harus di ingat adalah waktu pagi hari tepat. sewaktu bangun dari tidur serta belum lakukan aktivitas apa pun. Yang harus di perhatikan adalah anda telah tidur dengan nyenyak sepanjang malam atau sekurang-kurangnya 3 jam.

Tes lendir vagina
Pada waktu berlangsungnya siklus menstruasi, keadaan lendir didaerah vagina dapat berubah- ubah, ini disebabkan dari dampak hormon estrogen serta progesteron. Dengan mengetahui keadaan lendir vagina, bisa diketahui kurang lebih saat masa subur wanita berlangsung. Pada waktu sebelum saat berlangsungnya masa subur, lendir pada vagina bisanya lebih encer dengan warna transparan atau sedikit kekuningan. Saat berlangsungnya masa subur, lendir vagina dapat berubah semakin banyak serta kental layaknya putih telur. namun pada waktu setelah berlangsungnya masa subur, lendir vagina yang ada dapat berubah lebih sedikit serta lebih kental dan lengket.

Dengan mengamati pergantian yang berlangsung pada tubuh baik melewati metode kalender, metode suhu tubuh serta tes lendir vagina, bisa diperkirakan kapan berlangsungnya periode subur pada wanita. Efektifitas dari metode ini sebesar 91 persen yang bermakna 9 dari 100 orang wanita bisa hamil jika memakai metode ini.

Tips: Metode KB alami ini cocok untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi-nya teratur jadi tingkat efektifitasnya lebih tinggi, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak teratur dalam siklus menstruasi-nya. Ini dikarenakan lebih sukar untuk memilih kapan periode subur sedang berlangsung. Supaya hasilnya lebih efisien, hendaknya dilakukan pencatatan selam 3 bulan sebagai perbandingan. Ini adalah metode terbaik untuk melakukan KB secara alami.

Kelebihan KB cara Alami :
1. Bisa dikerjakan oleh siapapun
2. Tidak memakai peralatan apapun
3. Tidak mengganggu kegiatan seksual
4. Tidak merubah kesuburan didalam periode panjang

Kekurangan KB cara Alami :
1. Tidak membuat perlindungan pada infeksi penyakit menular seksual ( pms ).
2. Memerlukan waktu untuk mengetahui Masa subur, serta latihan agar bisa tahu dengan tepat .
3. Agar lebih tepat, penentuan periode subur ini tidak bisa dikerjakan cuma menurut pengamatan 1 siklus menstruasi saja, sekurang-kurangnya butuh pengamatan sepanjang 6 bln.

Menumpahkan Sperma Pria Di Luar Atau Cara Senggama Terputus

Metode KB alami yang ini sudah sangat di kenal sejak dulu. KB cara alami ini dikerjakan dengan langkah menarik keluar alat kelamin pria dari vagina sebelum saat berlangsungnya ejakulasi (keluar sperma pria). Efektifitas dari metode ini amat bergantung dari tingkat kontrol dan kesadaran pria tentang ejakulasi-nya. Efektifitas menurut penelitian menunjuk pada angka pada 73-96 persen.

**Perhatian metode ini tidak disarankan pada pria yang mempunyai masalah dengan ejakulasi dini ***

Untuk mengetahui anda termasuk kategori EDI atau tidak. Adalah ketika lagi buang air kecil lagi deras-derasnya di pertengahan coba hentikan aliran air seninya hingga berhenti dan hitung berapa hitungan anda dapat menahan alirannya. Jika anda tidak dapat menahan lebih dari 3 hitungan maka perlu diwaspadai anda termasuk kategori EDI. Kenapa 3 detik ? 3 detik itu adalah patokan Anda dapat mencabut penis dari vagina ketika akan menumpahkan keluar.

Latihannya adalah dengan cara menahan air seni ketika kencing sedang deras-derasnya coba hentikan setelah berhenti hitung 3 hitungan lalu keluarkan……hentikan hitung 3 hitungan….begitu seterusnya sampai air seninya habis keluar. Latihan ini agar kita bisa mengontrol ejakulasi saat bersenggama.

Kelebihan KB cara Alami Ini:
1. Tidak memerlukan cost serta bisa dikerjakan setiap saat.
2. Tidak memiliki efek buruk, yang dirasakan baik oleh pria maupun wanita.
3. Tidak mengubah siklus menstruasi pada wanita.

Kekurangannya KB cara Alami Ini:
1. Tidak membuat perlindungan pada infeksi penyakit menular Kelamin ( pms ).
2. Berlangsungnya interupsi waktu jalinan hubungan intim bisa kurangi sensasi pada wanita.
3. Amat membutuhkan kontrolpPria sangat tinggi.
4. Kurang efisien dibanding metode KB lainnya
5. Tidak efisien jika keduanya atau di antara pasangan di pengaruhi oleh alkohol


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...