CARA ATASI RASA CEMAS




Tak mudah memang menghilangkan rasa cemas, karena perasaan cemas memang sangat manusiawi sekali dan setiap orang bisa merasakannya. Namun bukan berarti tak mungkin untuk meredakan rasa cemas ini.

Cara-cara berikut mungkin bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua yang sedang cemas :

Latihan pernafasan sangat efektif untuk membantu menenangkan diri kita, caranya : letakkan satu tangan di perut dan tangan satunya di dada, terus tarik nafas ke dalam perut secara perlahan sampai perut terisi semampunya, tahan selama 2 detik lalu hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali sampai kita merasa nyaman.

Olah raga secara teratur merupakan salah satu cara mencegah atau meredakan cemas, karena olahraga dapat mengalihkan focus pikiran yang menggangu dan dapat meningkatkan kadar endorphin yang membangkitkan rasa senang.

Aneh mungkin rasanya, karena rasa cemas kan susah di atur, namun coba usahakan gunakan waktu 15 sampai 30 menit sekali 2 kali sehari untuk focus pada pikiran-pikiran yang meresahkan. Setelah waktu habis, kesampingkan pikiran-pikiran tersebut. Hal ini melatih pikiran kita agar tidak terlalu larut dalam pikiran yang mencemaskan.

Kadar kafein dalam kopi dapat menyebabkan rasa gugup pada sebagian orang, untuk itu sebaiknya di kurangi agar kondisi kita bisa lebih tenang.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...