TANAMAN OBAT KETEPENG KECIL



  1. Nama ilmiah : Cassia tora L.
  2. Nama daerah : ketepeng cilik (Jawa), ketepeng (Jawa Tengah), ketepeng leutik (Sunda), galenggeng kecil (Melayu), pepo (Timor).
  3. Nama asing : jue ming si (Cina).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis
Ketepeng kecil memiliki rasa manis, pahit, asin, dan bersifat agak dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji segar ketepeng kecil di antaranya chryzophanol, emodin, aloe-emodinrhein, physcion, obtusin, toralactone, auranto-obtusin, rubrobusarin, torachryson, dan vitamin A. Bahan kimia akan masuk ke meridian lever (membersihkan) dan meridian ginjal (menguatkan).
Efek farmakologis yang dimiliki oleh ketepeng kecil di antaranya untuk pengobatan radang mata, peluruh air seni, dan pelancar buang air besar.

Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan ketepeng kecil dapat dilakukan dengan biji. Ketepeng kecil dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Biji ketepeng kecil yang sudah dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Cacingan pada anak
Lumatkan 9 g bubuk biji ketepeng kecil dan 1 pasang hati ayam, tambahkan sedikit arak putih. Aduk campuran tersebut dan bentuk menjadi lempengan, lalu kukus. Minum ramuan satu kali sehari.

2. Hepatitis, perut busung air (ascites), dan sirosis 
Rebus 5—15 g biji ketepeng kecil, lalu minum dua kali sehari. 

3. Radang math merah, luka kornea, rabun senja, dan glukoma
Campur bubuk atau serbuk ketepeng kecil dengan teh secukupnya, lalu tempelkan pada kedua pelipis (pada kedua titik akupuntur tay yang atau istimewa).

4. Sulit buang air besar (habitual constipation) 
Rebus 5—15 g biji ketepeng kecil, lalu minum dua kali sehari.

Sangrai (goreng tanpa minyak) 15 g biji ketepeng kecil sampai kuning, lalu giling hingga terasa kesat. Rebus atau seduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Minum hasil rebusan atau seduhan sebagai pengganti teh dua kali sehari.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...