ASAP KNALPOT BERWARNA PUTIH
Sebagian besar dari kita, selama ini pasti menyangka bahkan memvonis kalau asap knalpot mobil berwarna putih pasti jawabannya harus Turun mesin total atau minimal Turun mesin setengah, jawabannya adalah tidak!
1. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan asap knalpot kendaraan/mobil kita berwana putih, diantaranya yang sudah pasti dan sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya adalah rusaknya:
1. RING PISTON RING SEHER
RING PISTON/RING SEHER biasanya terbuat dari bahan besi cor spesial dan diameter Ring piston/ Ring seher sedikit lebih besar daripada diameter luar PISTON/SEHER. Ring piston/ring seher dipasang pada alur dan permukaannya berhubungan dengan dinding silinder head.
FUNGSI RING PISTON/RING SEHER
- Ring Piston/ring seher berfungsi sebagai sealing/perapat antara PISTON/SEHER dan silinder head untuk mencegah kebocoran kompresi.
- Ring Piston/ring seher berfungsi untuk mengontrol oli pelumas pada dinding silinder head.
- meneruskan panas PISTON/SEHER ke pendinginan dengan perantaraan ring dan silinder head.
- mengatur fleksibilitas penyekatan antara PISTON/SEHER dan silinder head dalam berbagai tekanan dan temperatur.
Ring piston/ring seher dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
- - Ring piston/seher Kompresi, jumlahnya dua set dan untuk motor-motor yang lebih besar lebih dari dua. Fungsi ring kompresi adalah untuk merapatkan antara PISTON/SEHER dengan dinding silinder head sehingga tidak terjadi kebocoran pada waktu kompresi.
- - Ring piston/seher Oli, dipasang pada deretan bagian bawah dan bentuknya sedemikian rupa sehingga dengan mudah membawa minyak pelumas untuk melumasi dinding silinder head.
2. SEAL KLEP/SEAL VALVE
SEAL KLEP ( SEAL VALVE )
SEAL KLEP/SEAL VALVE berfungsi untuk mencegah pelumas (oli) mengalir ke saluran masuk atau buang ruang bakar. Apabila seal klep/sil klep rusak atau robek dapat mengakibatkan knalpot mobil menjadingebul atau berwarna/berasap putih, karena oli/pelumas ikut terbakar di ruang bakar atau jika seal klep /sil klep buang yang robek pelumas akan terbakar karena panas di knalpot. (laskar-suzuki.com)
2. dan faktor penyebab lain yang rata-rata orang belum pada tahu :
- Klep PCV/Valve PCV : Fungsi klep pcv ini adalah untuk mengalirkan uap panas oli yang berasal dari mesin ke manifold dan menjaganya supaya uap oli panas tersebut tidak kembali lagi ke mesin. Kalau klep pcv ini mengalami kerusakan maka dampaknya yang saya tahu adalah : 1. Mobil/kendaraan tidak bisa langsam, RPM mobil ngedrop dan mesin mobil mati 2. Uap oli panas mesin ini ikut terbakar di pembakaran sehingga menimbulkan asap knalpot berwarna putih ( Catatan : Ini bukan berdasarkan Referensi ke ilmuan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi yang seringkali melihat para montir yang cukup akhli kebingungan karena sudah menurun-naikan mesin mobil yang sama sampai 2- 3 kali, asap kenalpot mobil tetap berwarna putih. Ternyata penyakitnya sepele, setelah Klep PCV mobil tersebut diganti, knalpot mobil sudah tidak mengeluarkan asap putih lagi.)
PCV singkatan dari Positive Crankcase Valve yaitu suatu sistem yang mengeluarkan gas dan uap berbahaya dari ruang mesin tanpa mengeluarkannya ke udara. Sistem ini memanfaatkan vacuum dari manifold untuk mengeluarkan gas dan uap dari ruang mesin dan kemudian bersatu dengan campuran udara bahan bakar menuju ruang bakar sehingga dapat di bakar lagi. Aliran atau sirkulasi ini di kontrol oleh sebuah katup yang didesain khusus yaitu katup PCV. Katup PCV sanggup menekan tingkat polusi dan juga menjaga ventilasi di ruang mesin.
Sistem PCV sudah menjadi perlengkapan standard bagi setiap mobil pada awal 1960-an. Dimulai dari california di tahun 1963. Berbagai jenis sistem PCV dikembangkan tetapi pada akhirnya memiliki tujuan yang sama.
Sistem PCV dapat di golongkan menjadi dua sistem yaitu sistem terbuka dan tertutup. Sistem tertutup lebih banyak digunakan sejak 1968 sebab lebih mampu mengontrol polusi udara. Sistem ini dibedakan dari cara udara segar masuk ke ruang mesin dan bagaimana uap dan gas dari ruang mesin dikeluarkan.
SISTEM KLEP PCV TERBUKA
Sistem KLEP PCV terbuka mendapat pasokan udara segar dari lubang di tutup oli yang berventilasi. Sistem ini tidak bermasalah selama uap dan gas yang dihasilkan ke ruang mesin dalam kondisi minimal. Namun saat uap dan gas yang ada menjadi banyak maka akan ada gas dan uap yang berbalik memaksa keluar melalui lubang ventilasi di tutup oli. Sistem ini sukses dalam mengeluarkan uap dan gas berbahaya dari ruang mesin namun tidak dapat mengatasi masalah polusi.
SISTEM KLEP PCV TERTUTUP
Sistem KLEP PCV tertutup mendapat pasokan udara segar dari rumah filter udara. Tutup oli tidak berventilasi lagi.Sehingga uap dan gas dari ruang mesin akan kembali ke ruang mesin dan akan terbakar bersama campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Sistem terutup mencegah uap dan gas terlepas di lingkungan. Sistem tertutup sangat efektif dalam mengontrol polusi udara akibat mesin kendaraan .( Tangomotor.com )
- KIT MASTER REM MOBIL BOCOR/RUSAK :
Kebocoran KIT MASTER REM ini bisa berupa rembesan keluar TABUNG MASTER REM dan bisa juga masuk ke Tabung BOOSTER REM dan menggenang di dalam BOOSTER REM , dan minyak rem ikut terbakar dalam pembakaran mesin mobil sehingga asap knalpot mobil berwarna putih.
3. Penyebab lain yang tidak begitu penting :
- Pada waktu TUNE UP MESIN MOBIL terutama MESIN MOBIL INJECTION/INJEKSI, seringkali montir membersihkan kotoran dan kerak oli dengan menyemprotkan carburator cleaner/carb jet/DCS cleaner, dan kotoran ini terbuang dan terbakar sehingga menimbulkan asap knalpot berwarna putih.
- Sewaktu menghidupkan kendaraan di pagi hari, asap knalpot juga berwarna putih
Mudah-mudahan share ilmu yang sedikit ini berguna...
Catatan: Artikle ini berdasarkan pengalaman pribadi bukan berdasarkan ke ilmuan
ASAP KNALPOT BERWARNA HITAM :
Asap knalpot berwarna hitam dapat diduga masalah ada di bagian pembakaran. Kandungan bensin terlalu "kaya" dibandingkan dengan suplai udara ke ruang bakar. Biasanya kondisi ini dibarengi dengan asap yang pedih jika terkena mata karena bensin tak terbakar dengan sempurna.
Pada asap knalpot berwarna hitam pada mesin karburator, masalah ini bisa ditanggulangi dengan merawat bagian pilot jet dan main jet. Komposisi udara dan kandungan bensin di-setting ulang untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna. Konsumsi bahan bakar yang semula boros pun akan menjadi lebih efisien.
Sementara asap knalpot berwarna hitam pada mesin injection, pemeriksaan dapat dimulai dari filter udara yang kemungkinan kotor, atau melakukan penyesuaian pada peranti ECU (electronic control unit) yang bertugas mengatur besaran pembakaran pada mesin. Untuk yang satu ini, tidak semua bengkel bisa melakukan setting ECU. Diperlukan kemampuan khusus pada bengkel dan mekanik untuk menangani setting tersebut.( Kompas)
TANDA TANDA/CIRI CIRI/GEJALA SENSOR AIR FLOW RUSAK/BERMASALAh
SENSOR AIR FLOW rusak bermasalah akan menimbulkan :
- Asap knalpot mobil berwarna hitam
- Konsumsi BBM/bahan bakar sangat boros
KONDISI MESIN DILIHAT DARI ASAP KNALPOT :
1. WARNA ASAP KNALPOT BERWARNA BIRU PUTIH / KEBIRUAN :
A. Adanya oli gearbox (Mesin) yang terbakar karena keausan ring piston dan liner
B. Jika knalpot mobil Anda mengeluarkan asap berwarna biru, itu menandakan bahwa mesin mobil Anda membakar oli mesin. Penyebabnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.Penyebab lainnya adalah jika mobil Anda dilengkapi turbo. Asap ini menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil Anda harus diganti.
2. WARNA ASAP KNALPOT BERWARNA ABU ABU :
A. Untuk kategori asap dengan warna abu-abu sedikit sulit untuk di diagnosis penyebabnya. Setali tiga uang dengan asap berwarna biru, asap abu-abu biasanya juga disebabkan karena penyebab yang sama yakni pembakaran oli yang bocor dan juga kinerja turbo yang buruk. ( teknologi.inilah.com. inilah arti warna asap dari knalpot mobil )
TIPS TRIK CARA MENCEGAH BAHAYA GAS CO ASAP KNALPOT :
1. Jangan menyalakan mobil pada ruangan tertutup, parkirlah mobil Anda dengan knalpot menghadap ke jalan (bukan ke dalam rumah).
2. Pada saat keadaan hujan, bukalah jendela sedikit sesekali untuk memberikan perputaran udara dalam kabin mobil.
3. Pastikan ujung knalpot mobil Anda lebih panjang dari dimensi mobil untuk keamanan.
4. Mobil dengan teknologi EFI sebagai pengganti karburator dapat mengurangi kadar racun gas buangan knalpot.
5. Lakukan tes kompresi mobil, saringan udara harus sering dibersihkan, gunakan katalik konverter yang dipasang pada pipa knalpot untuk menetralisir gas beracun.