IGNITION COIL
IGNITION COIL MOBIL
Sebuah COIL/KOIL pengapian (juga disebut SPARK COIL/KOIL) adalah sebuah kumparan induksi dalam sebuah sistem pengapian yang mengubah dari baterai 12volt (6 volt di beberapa kendaraan yang lebih tua) kepada ribuan volt (2-30 volt atau lebih) yang diperlukan untuk menyulut busi . Beberapa kumparan memiliki RESISTOR INTERNAL untuk mengurangi tegangan dan beberapa mengandalkan kawat resistor atau resistor eksternal untuk mengurangi tegangan dari 12 mobil kabel volt mengalir ke koil. Kabel yang berjalan dari kumparan pengapian ke DISTIBUTOR/DELCO dan kabel yang pergi dari DISTRIBUTOR/DELCO MOBILuntuk masing-masing BUSI disebut KABEL BUSI atau tegangan tinggi memimpin .
Bentuk spesifik dari autotransformer , bersama dengan pemutus kontak dan sebuah kapasitor (masih disebut dalam bahasa mobil dengan nama yang lama dari "KONDENSOR "), mengubah tegangan rendah dari baterai ke dalam tegangan tinggi yang diperlukan oleh busi dalam pembakaran internal mesin . ( wikipedia )
TANDA TANDA IGNITION COIL RUSAK/MATI :
- Kalau diraba KOIL/COIL PANAS MENYENGAT
- Starter Sulit/Susah Hidup pada saat mesin dalam keadaan KOIL/COIL Panas
- Mesin Mobil Brebet/Tidak Stabil
- Starter Mobil Panjang tetap Mesin Mobil Tidak mau hidup
- Kalau coil yang sudah parah, dalam keadaan Mobil/Kendaraan jalan tiba tiba /mendadak mati.
MASALAH/KELUHAN KOIL/COIL MOBIL :
- Bunyi/Suara TIK TIK /TUK TUK pada KEPALA KOIL/COIL
- Bunyi Suara TIK TIK/TUK TUK PADA BODY/BADAN COIL
- Timbul PERCIKAN API LISTRIK DI KEPALA KOIL/COIL