Jakun Tak Hanya Milik Lelaki

Laki-laki yang sudah memasuki masa puber biasanya akan tumbuh jakun di leher. Tapi jangan salah jakun ini tak cuma dimiliki pria karena wanita pun juga ada. Apa bedanya jakun pria dan wanita? Selama ini jakun diketahui hanya dimiliki oleh kaum laki-laki, padahal jakun bukanlah bagian anatomi khusus yang spesifik untuk gender tertentu. Karena sebenarnya laki-laki dan perempuan memiliki jakun untuk melindungi tenggorokannya, tapi pada laki-laki akan terlihat lebih jelas

Jakun (Adam's Apple) adalah suatu struktur kecil berbentuk setengah lingkaran dan paling menonjol di bagian tengah tenggorokan seorang laki-laki. Bagian tubuh ini akan menonjol saat seseorang menelan dan pada beberapa laki-laki akan lebih terlihat.

Ukuran jakun pada laki-laki akan lebih besar dibandingkan dengan milik perempuan, hal inilah yang membuat laki-laki memiliki pita suara lebih panjang daripada perempuan. Seringkali perempuan yang memiliki pita suara lebih panjang juga akan memiliki jakun yang agak menonjol.

Apa fungsi jakun ini?
Dikutip dari eHow, Rabu (13/10/2010) fungsi utama jakun adalah memberikan perlindungan terhadap laring (kotak suara), yaitu organ pada manusia yang melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara. Hal ini karena tekanan yang berasal dari luar tenggorokan dapat merusak bagian-bagian sensitif dari anatomi dalam tenggorokan.

Meski namanya Adam's Apple, struktur dari jakun ini tidak seperti buah Apel sepenuhnya hanya sebuah perisai setengah lingkaran yang tidak bulat tapi sangat tebal.

Dinding dan depan laring tersebut ditutupi oleh tulang rawan tiroid yang kaku tapi tidak bertulang (tidak keras), material itulah yang membentuk jakun dan melindungi pita suara. Tulang rawan ini mirip dengan material yang membentuk hidung dan telinga.

Karena jakun identik dengan pria tak jarang orang akan geli melihat wanita punya jakun. Dan buat beberapa pria yang melakukan operasi ganti kelamin, menghilangkan jakun adalah keharusan.

Meskipun kedua jenis kelamin memiliki jakun, tapi organ ini sangat identik dengan jenis kelamin laki-laki. Karenanya untuk membantu melengkapi tampilan dan perasaan sebagai perempuan, maka ukuran dari jakun ini akan dikurangi atau dihilangkan melalui operasi.

http://dede-health.blogspot.com


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © terberita news | Powered by Blogger | Terberita Blog