5 Langkah Agar Rumah Bebas Rayap !

Rayap adalah musuh terbesar rumah Anda. Kegemarannya memakan kayu bisa menyebabkan material di rumah Anda rusak dan lebih parahnya lagi, rumah bisa rapuh perlahan-lahan.

Ada beberapa cara sederhana untuk mencegah rayap-rayap menginvasi rumah Anda. Namun yang terpenting adalah menjaga selalu agar tidak ada bagian rumah yang lembab terlalu lama.


Berikut ini tips melindungi rumah Anda dari rayap, seperti dikutip dari Helium:

Bersihkan Selokan
Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.

Perbaiki Keran yang Bocor
Jika ada keran yang bocor, segera perbaiki. Keran yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, juga menghemat air.

Kurangi Kayu
Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

Pantau Ventilasi Udara
Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap 'bertamu' ke dalam rumah Anda.

Plitur Ulang
Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan plitur. source


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...