6 Tips Untuk Nama Domain Blog Yang Layak Anda Pilih
Bila dunia online bisa diibaratkan
sebagai sebuah pasar, nama domain blog yang layak dipilih ibarat letak
kios yang strategis di pasar tersebut. Semakin strategis letaknya
(misalnya dekat pintu masuk), semakin besar peluang kios tersebut untuk
dikunjungi banyak pembeli. Demikian halnya, semakin layak dipilih sebuah
nama domain blog, semakin besar pula peluang untuk mendapat banyak
pengunjung.
Lalu, apa saja ciri-ciri nama domain blog yang layak Anda pilih?
Di bawah ini adalah 6 ciri-ciri
nama domain blog yang layak Anda pilih. Ciri-ciri ini adalah pendapat
saya pribadi serta dari hasil penelusuran beberapa referensi terpercaya.
1. Pendek
Semakin pendek nama domain blog
semakin baik. Umumnya tidak lebih dari 3 kata. Bila diibaratkan dengan
medali di suatu kejuaraan, domain dengan satu kata adalah medali emas,
domain dua kata adalah medali perak, domain 3 kata adalah medali
perunggu.
selain itu, beberapa blogger top
dunia juga menegaskan bahwa semakin pendek nama domain, semakin mahal
harganya. Jika bisa diumpamakan, nama domain pendek Quotes.com berharga
jutaan dolar, ProQuotes berharga ribuan dolar, ProQuotesNow berharga
ratusan dolar, dan YourProQuotesNow.com berharga puluhan dolar.
2. Mudah Diingat dan DiejaSebagian
besar pengguna internet tidak melakukan bookmarks. Mereka hanya
mengingat nama domain. Oleh karenanya, saat mereka hendak mengunjungi
blog favoritnya, yang mereka lakukan adalah mengetikkan nama domain blog
tersebut di browser. Jika nama domain blog bersangkutan panjang, tidak
mudah diingat dan dieja, maka blog tersebut akan susah dituju.
Sebagai contoh,
EntrepreneurshipMonetizasion.com. Nama domain ini akan sulit diketikkan
di browser oleh orang yang tidak melek berbahasa Inggris.
3. Memiliki Ekstensi .comSeperti
kita ketahui, ada beberapa nama ekstensi domain. Lembaga atau
organisasi cocok dengan ekstensi .org. Perusahaan yang menargetkan pasar
spesifik akan meregister domain lokal (.co.uk, .id, .cn, dan
lain-lain). Di luar kepentingan organisasi atau perusahaan tersebut,
domain .com adalah yang terbaik karena paling banyak digunakan dan
terkesan profesional.
Contoh nyata pentingnya domain .com
dibuktikan oleh Darren Rowse. Ia membuat blognya di ekstensi .net
(Problogger.net). Meskipun sudah begitu terkenal, banyak pengunjung yang
masih salah menuju blognya karena mengetikkan alamat blog di
ProBlogger.com. Dua tahun semenjak ProBlogger.net dibuat, blogger asal
Australia ini akhirnya memutuskan membeli ProBlogger.com (yang telah
dimiliki orang lain) seharga $ 5,000 dan mengarahkannya ke
ProBlogger.net.
4. DeskriptifDeskriptif
artinya memberikan gambaran yang jelas mengenai blog atau website
bersangkutan. Contohnya seperti berikut. Anda ingin tahu movie review
terbaru dan mengetikkan kata kunci tersebut di Google.
Urutan pertama adalah mrqe.com dan urutan ketiga adalahthebestmoviereview.com. Yang mana yang akan Anda klik terlebih dahulu?
5. BermerkDomain
jenis ini biasanya dibuat dari kata-kata unik atau menggunakan
kombinasi kata kunci. Terkadang nama domain ini tidak deskriptif. Selain
itu, biasanya pemilik domain ini adalah orang-orang terkenal. Contohnya
adalahSEOMoz.com yang dimiliki Rand Fishkin (pakar SEO kondang)
atauDoshDosh.com yang dimiliki Maki (salah satu blogger kondang dunia).
6. Tidak memilki kata sambung dan
nomorBanyak blogger dunia mengatakan bahwa domain yang memiliki kata
sambung dan nomor memiliki dua kelemahan dasar. Dua contoh berikut
menjelaskan alasannya.
Tech-World.com: orang bisa saja lupa mengetikkan kata sambungnya sehingga akan mengetikkan TechWorld.com.
Tech5.com: angka lima ini akan membingungkan karena bisa saja orang mengetikkan TechFive.com sehingga akan salah alamat.
Kasus Coolest-Gadgets.com merupakan
bukti kelemahan domain yang memiliki tanda sambung. Blog ini adalah
salah satu blog populer yang membahas gadget. Namun, banyak orang yang
lupa mengetikkan kata sambung di browser bila akan menuju blog tersebut,
sehingga salah alamat ke CoolestGadget.com. Karena tidak mau kehilangan
pengunjungnya, pemilik Coolest-Gadget.com membeli blog saingannya
tersebut.
Itulah 6 ciri nama domain blog yang
layak Anda pilih. Jangan khawatir jika nama domain blog Anda sekarang
tidak memiliki salah satu dari keenam ciri tersebut. Keenam ciri di atas
tetap bisa menjadi panduan Anda saat membeli nama domain untuk blog
baru Anda.
Semoga bermanfaat.