Tips Merias Diri di Tempat Umum






Sebagai perempuan karier, Anda dituntut untuk selalu tampil cantik. Tetapi Anda mungkin sering mengalami "musibah" bangun terlambat, atau mendadak dipanggil untuk meeting saat Anda sedang makan siang,sehingga Anda tak sempat berdandan maksimal. Kalau sudah begini, Anda pasti langsung berpikir kreatif untuk mencari tempat darurat untuk berdandan, entah itu di mobil, kereta, warung makan, atau tempat lainnya.

Meski terpaksa, sebaiknya Anda "tengok kanan-kiri" dulu sebelum berdandan di tempat umum. Menurut pakar etiket Mien R. Uno, dalam bukunya yang berjudul Etiket Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan, saat merias diri di depan umum simak dulu situasinya.

Situasi 1. Kesiangan bangun di hari kerja
Sebenarnya tidak masalah berdandan di jalan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, karena tak ada orang yang akan terganggu. Selain itu, Anda pun tak akan menjadi tontonan orang di sekitar Anda. Namun, lain ceritanya jika Anda menggunakan angkutan umum karena Anda pasti akan menyita perhatian penumpang lain.

Maka sekalipun kesiangan dan terburu-buru, usahakan untuk berdandan saat Anda sudah sampai di kantor. Anda bisa berdandan di toilet atau di powder room yang tersedia dengan cepat dan lebih nyaman.

Situasi 2. Bepergian jarak jauh dengan kendaraan umum
Saat naik kereta, pesawat, atau bus antarkota untuk perjalanan yang cukup jauh, Anda pasti merasa perlu merapikan diri agar terlihat tetap cantik dan segar. Tak masalah jika kebetulan orang yang duduk di bangku sebelah Anda adalah teman atau keluarga Anda. Akan tetapi jika orang yang duduk di sebelah Anda adalah orang lain, sebaiknya mintalah izin terlebih dulu kepadanya. Usahakan melakukan touch-up dengan cepat namun tetap berhati-hati agar tindakan Anda tidak mengganggunya. Hindari menyenggol tangannya, atau rambut Anda rontok saat disisir dan beterbangan mengenainya.

Situasi 3. Lipstik luntur setelah makan
Sekalipun makan siang bersama rekan kerja, bukan berarti Anda bebas merapikan lipstik yang sudah pudar sehabis makan. Mintalah izin kepada mereka untuk pergi ke toilet untuk merapikan lipstik atau semua riasan wajah Anda.

Situasi 4. Menghadiri acara langsung dari kantor
Kebanyakan orang memiliki jadwal acara yang mepet. Jika sering mengalami hal ini, kenapa tak menyimpan satu set alat rias di meja kantor Anda saja? Ini akan meringankan beban Anda membawa banyak peralatan make-up dari rumah. Berdandanlah di toilet kantor, dan semprotkan parfum favorit Anda. Namun, ingatlah untuk tak terlalu banyak menyemprotkan parfum ke tubuh sehingga membuat orang lain pusing mencium baunya. Gunakan saja secukupnya. Dan, jangan lupa untuk selalu membawa bedak dan lipstik di dalam tas Anda.

Sumber: Etiket Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan, Mien R. Uno.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...