Peluang Usaha Budidaya Pepaya California

Perkebunan Pepaya di Karanggude - Purwokerto


Gambar di atas merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.
Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di Desa Karanggude Kulon RT 06/03, kecamatan Karanglewas, Purwokerto. Penanaman pepaya disini dilakukan oleh Farmoo Fruits yang dipimpin oleh Tarso. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California ini dapat dicapai dari pusat kota Purwokerto menuju arah barat/arah Ajibarang. Setelah melewati pasar Karanglewas maka masih lurus sampai bertemu jembatan sungai Mengaji. Desa di sebelah barat sungai Mengaji adalah desa Karanggude Kulon. Letak kebun ini dapat ditanyakan pada penduduk setempat.
Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon pepaya.
Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Pemupukan harus diberikan sebelum masa tanam tiba. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik berupa kotoran hewan yang sudah terurai. Dengan pupuk yang banyak maka pohon pepaya akan tumbuh dengan subur dan buahnya besar.
Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4-6 hari sekali sehingga dalam sebulan dapat dipanen sampai 5 kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 3 hingga 6 buah.
Pepaya Farmoo mengelola sekitar tiga hektar lahan pepaya california. Dalam sekali panen setiap 4 hari sekali dapat menghasilkan 2 ton pepaya (musim hujan) dan 1 ton pada musim kemarau. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.
Untuk pembelian di tempat, harga buah pepaya california Pepaya Farmoo berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 2.500,- per kilogramnya. Sampai sekarang, selain menjual buah segar ke tengkulak, Pepaya Farmoo juga melayani jasa penyediaan benih, bibit, serta konseling penanaman pepaya california untuk area Purwokerto dan sekitarnya.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...