CARA BERDIET AGAR BERHASIL

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu[1]. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin diet anda berhasil atau sesuai dengan harapan Anda, yaitu:

1. Atur Pola Makan
Pola makan menjadi bagian terpenting dalam sebuah program diet. Banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan, bahkan tidak makan sama sekali dengan harapan berat badan cepat turun. Namun, berat badan tetap tidak turun atau turun sedikit kemudian malah naik lagi. Ini terjadi karena dengan mengurangi makan, metabolisme tubuh akan melambat, yang menyebabkan tubuh lebih cenderung menyimpan lemak daripada membakarnya.
Itulah sebabnya, diet yang benar dan sehat justru seharusnya dilakukan dengan makan lebih sering yaitu 5-6 kali sehari dengan tujuan untuk mengaktifkan metabolisme tubuh Anda sehingga tubuh pun lebih aktif pula dalam membakar lemak.


2. Olahraga Teratur

Anda perlu meningkatkan aktivitas fisik dan mulai berolahraga teratur jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Olahraga menjadi aspek penting yang perlu Anda masukkan ke dalam menu program diet Anda karena adanya aktivitas fisik yang teratur akan meningkatkan metabolisme tubuh. Timbunan lemak dalam tubuh tidak dapat dibuang dalam bentuk keringat, tetapi hanya bisa diubah dengan dibakar menjadi energi, terutama saat kita berolahraga.
Tetapi, Anda perlu memilih olahraga yang tepat dan efektif untuk membakar lemak tubuh Anda lebih banyak. Selain itu, Anda juga perlu melakukan latihan beban karena kombinasi antara latihan beban dengan olahraga lain yang bersifat aerobik adalah cara terbaik untuk membakar lemak.

3. Istirahat Yang Cukup


Tahukah Anda bahwa ternyata tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan diet Anda? Berdasarkan penelitian, kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon pengatur nafsu makan yang akhirnya dapat memicu makan berlebihan, terutama makanan manis, dan hasilnya, diet pun menjadi kacau.

Selain itu, kurang istirahat dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Saat tidur, tubuh akan melakukan perbaikan sel-sel yang rusak, pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh yang baru, serta memastikan metabolisme tubuh berjalan optimal. Jadi, istirahatlah yang cukup untuk mendapatkan pembakaran lemak yang efektif.

4. Suplemen Yang Tepat




Ketiga langkah sebelumnya merupakan faktor-faktor terpenting untuk memastikan metabolisme tubuh berjalan optimal dan pembakaran lemak dalam tubuh berlangsung dengan efektif. Nah, untuk membantu memaksimalkan hasil diet Anda, gunakan suplemen yang tepat.

Suplemen berfungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari. Selain itu, pilihlah pula suplemen yang bekerja untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda.
Semoga bermanfaat...


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...