5 Senjata Api Legendaris di Dunia


5 Senjata Api Legendaris di Dunia

Peperangan sudah terjadi dan berlangsung semenjak peradaban manusia dimulai, mulai dari percekcokan kecil antar pribadi, hingga antar kelompok bahkan bangsa. Dan karena rasa benci dan marah yang terlanjur mendalam karena kebodohan dan kerakusan, menghilangkan nyawa dan mencederakan musuh menjadi sebuah keharusan untuk meraih kemenangan. Dari senjata tradisional hingga modern, penggunaannya dalam peperangan terkadang melampaui batas kemanusiaan. Bahkan Salah satu senjata modern yang didesain sedemikian rupa, menjadi salah satu bagian yang tidak terlupakan, hingga namanya pun menjadi legenda terutama dikalangan keluarga militer. Berikut uniknya.com merangkum 5 senjata api legendaris:

1. AK-47

AK-47 merupakan senjata api legendaris yang resmi digunakan oleh militer Rusia, dan salah satu senjata api yang penyebarannya cukup gemilang. Mulai dari pihak militer resmi suatu negara bahkan hingga pemberontak, milisi, dan para penjahat banyak menggunakan AK-47 untuk menunjang aksi mereka. Senjata Kalashnikov saat ini telah diproduksi di 14 negara dan digunakan untuk menunjang kepentingan militer mereka. Dalam konflik modern seperti sekarang ini, AK-47 telah menjadi andalan para prajurit dan milisi,mulai dari peperangan yang terjadi di Afrika hingga teroris Irak, Afghanistan yang hingga sekarang masih melakukan aksi gerilyanya. Selain harganya yang murah 30 dolar AS, daya tahan terhadap berbagai medan pertempuran (salju, lumpur, pasir bahkan air hujan), penggunaannya pun cukup mudah. Beberapa orang mengatakan bahwa AK-47 merupakan salah satu senjata yang paling banyak membunuh di dalam sejarah dunia. Di era modern ini,pembuatan AK-47 lebih cepat dibandingkan senjata nuklir sekalipun.

2. StG 44



Kali pertama senjata api ini perkenalkan ke dunia, yakni ketika Jerman terlibat peperangan dengan pihak sekutu yang anti-pati terhadap Nazi dan fasisme sekitar tahun 1943. Stg 44 merupakan senjata pembunuh modern Jerman, tercanggih dikelasnya saat itu. Desain Sgt 44 merupakan perpaduan antara rifle, senjata api mesin otomatis, namun dikemas secara padat dan lebih ringan. Keuntungan bagi para prajurit Jerman dalam menggunakan senjata ini,adalah mereka dengan mudah dapat meubah menjadi otomatis ataupu semi otomatis dalam memuntahkan pelurunya. Yang luar biasa dari Sgt 44 ini adalah meskipun pendek dan ringan namun jarak tembak dan kekuatan menyamai submachine (senapan otomatis). Meski demikian canggih dan padat. Sgt 44 ini pernah diragukan oleh para intelejen baik Amerika Serikat maupun Inggris, karena tidak praktis, berat dan rapuh. Lahirnya Sgt 44 sepertinya terlambat bagi Jerman karena mereka tidak berhasil memenangkan Perang Dunia II.

3. Senapan rifle otomatis Browning M1918

Senapan rifle otomatis Browning M1918 (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sebuah senjata yang telah difavoritkan oleh para prajurit infantri lebih dari satu dekade, karena memiliki keunggulan, desain yang unik, ringan dan padat membuat nyaman para prajurit yang berperang di daratan (infanteri). Mobilitas para prajurit tidak lagi terganggu oleh berat dan panjangnya senjata, serta banyaknya musuh yang luput dari bidikan. Selain ringan, M1918 merupakan senjata dengan jarak tembak yang cukup jauh dan tepat. Sehingga lebih taktis dan manuver para prajurit lebih bervariatif. Senjata rifle otomatis M1918 ini diproduksi untuk memenuhi kebutuhan persenjataan di era Perang Dunia I dan II.

4. Rifle Panjang Amerika (Kentucky Rifle)


Rifle Panjang Amerika (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sebenarnya senapan rifle panjang Amerika ini merupakan senjata yang digunakan untuk melakukan perburuan hewan, namun sebuah revolusi memaksa semua kalangan pria untuk terlibat dalam Perang Kemerdekaan di Amerika Serikat, dan saat itulah senapan kentucky rifle eksis di dunia peperangan. Senapan kentucy rifle memiliki pipa laras peluru yang bisa berputar, sehingga ketika masuk ke dalam laras peluru dalam keadaan berputar sehingga terlempar lebih akurat dan mudah diprediksikan. Senapan kentucky rifle, merupakan salah satu senjata yang cocok digunakan untuk melakukan peperangan gerilya, karena jarak tembaknya yang jauh. Kentucky rifle membantu rakyat Amerika dalam meraih kemerdekaannya dari bangsa kolonial, dari sinilah senapan kentucky rifle ini memperoleh reputasi yang baik.

5. Revolver Colt

Walaupun banyak senjata api lainnya yang mampu memuntahkan peluru lebih dari satu secara simultan, dari semua jenis senjata revolver lainnya hanya satu yang lebih praktis yakni revolver buatan Samuel Colt di tahun 1836. Revolver milik Colt ini, memperbaharui semua desain revolver yang ada di zamannya, berputar lebih cepat dan mampu memuntahkan enam butir peluru tanpa harus melakukan pengisian ulang. Karena merupakan senjata api yang efektif dan efisien, banyak kalangan militer yang menggunakan revolver colt sebagai sejata sekunder mereka. Bahkan produksi revolver colt yang pertama mampu terjual hingga 242.000 dolar Amerika dalam sebuah pelelangan.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...