Bank Terkecil di Dunia dengan Satu Pegawai

Bank Terkecil di Dunia dengan Satu Pegawai
Quote:Quote:Jakarta - Di sebelah selatan Jerman ada sebuah desa kecil bernama Gammesfeld dengan 500 penduduk. Sebuah bank kecil beroperasi di desa ini yang hanya dijalankan oleh satu orang.

Peter Breither (41 tahun) adalah bankir tak biasa. Dia tak mendapatkan bonus besar, mengurusi instrumen keuangan yang rumit, dan kesepakatan kredit bernilai miliaran.

Namun dia bahagia mengurus slip-slip transaksi dengan tulisan tangan untuk 500 penduduk desa tersebut.

"Kenapa saya harus menggunakan mesin ATM? Itu hanya membuang uang," kata Friedrich Feldmann, salah satu nasabah bank bernama Raiffeisen Gammesfeld dikutip dari Asiaone, Kamis (28/2/2013).

Raiffeisen Gammesfeld adalah satu dari 10 bank terkecil di Jerman, namun jadi satu-satunya bank yang memiliki hanya satu pegawai. Bank-bank kecil banyak terdapat di Jerman, dari awalnya 7.000 bank kecil di 1970-an, menjadi 1.100-an saat ini.

"Bekerja di sini sangat menyenangkan. Orang mengatakan saya akan bosan, tapi ternyata tidak. Pekerjaan saya sekarang adalah hobi saya," ujar Peter.

Di Raiffeisen Gammesfeld tidak ada kartu kredit, saham, atau online banking. Sistem perbankannya sangat tradidional. Namun laba bank ini cukup stabil berkisar 40.000 euro per tahun, dan kredit yang diberikan adalah 650 ribu euro.






kaskus.co.id



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...