Cara
setel klep atau setting klep kebanyakan pemiliki kendaraan bermotor
dengan mesin 4 Langkah memang belum banyak yang mengetahui.
Untuk itu sebenarnya kita punya
kesempatan belajar untuk mengetahuinya. Mari simak bersama tips cara
setting klep motor 4 tak di bawah ini.
Tetapi saran Otomodif Otomania jangan di lakukan sendiri tetapi bawa ke bengkel yang Anda Percaya.
Mengetahui tujuan menyetel klep motor:
Penyetelan celah katup memang perlu
dilakukan terhadap sepeda motor, untuk mempertahankan celah (clearance)
antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap
sesuai standar. Tujuan utama dari penyetelan Klep motor adalah untuk
diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal.
Persiapan Alat yang digunakan:
1. Obeng (+) besar dan (+) sedang
2. Obeng (-) Besar
3. Kunci ´T´ (sok 17mm)
4. Kunci ring 89 mm
5. Kunci tapet klep (´L´ klep)
6. Fuller (untuk ukur celah klep)
Langkah kerja :
1. Lepaskan sekrup cover tengah dan tebeng sayap dengan menggunakan obeng (+) sesuai ukuran sekrup.
2. Buka tutup tanda Top di blok magnet (beralur obeng (-) minus besar), yang besar dan kecil.
3. Buka tutup klep ( klep IN (atas)
dan klep EX (bawah)) yang ada di kepala silinder yang berkepala kunci
ring 17 mm untuk kebanyakan motor, tetapi hal ini bisa lihat dari
konstruksi kepala silinder motor.
4. Cari tanda *T* atau TOP dengan
cara memutarkan poros engkol menggunakan kunci sok T 17mm searah jarum
jam sampai didapat tanda ´T´ di magnet lurus dengan tanda penyesuaian di
blok magnet.
5. Pastikan kedua klep dalam posisi bebas goyang).
6. Lakukan pengukuran celah klep dengan memasukan filler diantara celah katup dan baut penyetel
7. Apabila filler masuk ke celah
tersebut, dan puller didorong kearah depan tidak bisa, tapi saat ditarik
bisa tanpa meninggalkan bekas goresan di filler berarti celah klep
bagus (standar)
8. Apabila point 7 tidak terjadi, lakukukan langkah berikut :
Longgarkan sedikit mur penyetel klep dengan kunci ring 9 mm sambil menahan baut penyetel klep dengan kunci ’ L ’ stelan klep.
Masukan puller ke celah klep dan
stel dengan memutar stelan klep untuk mendapatkan celah klep yang sesuai
dengan ketentuan apabila puller didorong tidak bisa tapi apabila
ditarik puller bisa bergeser tanpa meninggalkan bekas di puller.
Setelah didapat celah standar, tahan baut penyetel klep lalu kencangkan mur pengikat klep dengan kunci ring 9 mm.
Cek kembali celah klepnya untuk memastikan bahwa klep telah distel dengan baik.
Setelah didapat penyetelan yang tepat tutup kembali klep dan pastikan pengencangan bautnya benar.
Pasang kembali cover body kebalikan urutan dari pembongkaran.
Semoga informasi ini membantu anda mengetahui cara penyetelan klep yang sesuai dengan standar kerja pabrikan motor.