Tips Menghindari dari Penyakit Flu

Sampai saat ini belum ada vaksin khusus untuk flu babi, karena flu ini merupakan mutasi dari beberapa virus flu lainnya, serta belum diketahui apakah vaksin flu yang tersedia dapat memberikan kekebalan silang terhadap flu babi ini. Beberapa hal di bawah ini penting dilakukan untuk mencegah penularan virus flu terutama flu babi, yaitu:

1. Mencuci tangan setiap akan makan atau minum, dan setelah bersentuhan dengan unggas atau binatang ternak. Cuci tangan dengan air dan sabun selama 15-20 detik. Jika tidak ada air dan sabun, gunakan jel pencuci tangan yang mengandung alkohol lalu biarkan mengering dengan sendirinya.

2. Menjaga kesehatan/kondisi badan dengan cukup tidur, olahraga, minum air dalam jumlah yang cukup, makan makanan yang bergizi khususnya yang tinggi kandungan proteinnya (seperti: telur, susu, daging), dan pintarlah mengendalikan stress.

3. Belajarlah peka terhadap ketahanan tubuh. Masing-masing orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda. Ketika merasa badan sudah begitu fit, ada yang harus benar-benar menghindari konsumsi minuman dingin. Tetapi ada juga yang justru tidak bermasalah konsumsi minuman dingin. Jadi, belajarlah peka terhadap makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari atau tidak.

4. Kurangi rokok dan alkohol. Zat-zat ini berpotensi menurunkan ketahanan tubuh. Merokok dapat melukai selaput lendir saluran nafas, sehingga menjadikan saluran nafas lebih rentan dimasuki virus. Selain itu, ruangan dengan asap rokok pun dapat memperlemah kondisi saluran nafas bagi orang-orang yang menghirupnya.

5. Hindari kontak dengan penderita flu. Bisa juga dengan mengurangi pergi ke tempat-tempat keramaian saat musim hujan, karena ada banyak orang sedang sakit flu. Di tempat-tempat orang berkerumun, virus flu dan juga jenis flu yang lain, terbang bertebaran di udara dan hidung kita menghirupnya.

6. Bersihkan liang hidung setiap pulang bepergian. Bisa dengan sabun sambil mengembus-embuskan udara hidung selama dibersihkan. Paling tidak gerombolan virus yang mungkin sudah ada di situ akan terpelanting keluar dari liang hidung sebelum bersarang dan berbiak.

7. Jangan menutup bersin atau batuk dengan tangan. Jika ingin bersin atau batuk, gunakan tisu lalu segerah membuangnya.

8. Jangan menyentuh muka. Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, maupun mulut. Menyentuh muka sering dilakukan anak-anak clan ini adalah cara mudah menularkan virus pada orang lain di sekitarnya.

9. Rajinlah mandi sauna. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mandi sauna dua kali per minggu akan memiliki kemungkinan kecil akan terserang flu. Sesuai dengan teori yang mengatakan bahwa ketika kita menghirup uap panas lebih dari suhu 80°C menyebabkan virus flu akan sulit bertahan.

Referensi



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...