Scrub Yang Cocok Untuk Wajah Berminyak

Scrub merupakan butiran-butiran kasar yang terdapat di dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun pembersih, pelembab, lotion, body butter dan lainnya. Selain itu scrub juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan menghaluskan permukaan kulit. Sebenarnya banyak sekali produk-produk kecantikan yang telah menggunakan scrub untuk perawatan wajah dan tubuh, tetapi lebih baik sahabat mencoba untuk membuat perawatan kecantikan sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, sahabat juga dapat terhindar dari efek samping.



Sumber gambar : blogspot.com
Artikel kali ini saya akan memberikan berbagai cara membuat scrub dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentuny
a lebih aman dan terbebas dari bahan-bahan yang mengandung kimia. Mau tau bahan-bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk membuat scrub alami ? Silahkan lihat dalam artikel berikut ini yang akan memberikan cara membuat scrub alami untuk wajah berminyak dan berjerawat :

Minyak Zaitun
Bagi sahabat yang memiliki jenis kulit wajah kering, sahabat dapat mencoba untuk menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah dan memberikan kelembapan pada tekstur kulit yang kering. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 2 sendok teh dula ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu gosok dan pijatlah dengan lembut ke bagian wajah, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukanlah secara rutin untuk membuat kulit menjadi tidak kering dan lembut.

Garam
Garam bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi dan dapat menghaluskan kulit wajah. Untuk itu selain sebagai bumbu dapur, garam juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Caranya campurkan 1 cangkir air garam dengan minyak zaitun, setelah itu tambahkan 5 tetes minyak esensial. Kemudian aduk hingga rata, setelah itu oleskan dan pijat wajah dengan lembut, diamkan selama beberapa menit hingga minyak meresap pada kulit wajah. Bilas dengan air hangat dan usaplah dengan handuk kecil hingga kering. 

Lemon
Bagi sahabat yang memiliki jenis muka berminyak, sahabat dapat membuat scrub dengan menggunakan buah lemon. Buah lemon mengandung Vitamin E yang dapat bermanfaat untuk menjaga, melembapkan, dan menyeimbangkan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Caranya juga sangat mudah hanya dengan menyiapkan 1 buah lemon, lalu peras. Kemudian hasil perasan tersebut dicampurkan dengan air garam. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat dari arah bawah ke atas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Gula pasir merupakan bahan utama untuk membuat scrub yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi cerah dan bercahaya. Sahabat dapat membuat scrub dari gula pasir dirumah dengan cara mencampurkan 1 sendok makan gula pasir dengan minyak zaitun, kemudian tambahkan gel lidah buaya atau madu. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan scrub pada telapak tangan, kemudian oleskan pada permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Scrub ini dapat digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh.

Madu berkhasiat sebagai antiseptik yang dapat mematikan bakteri dan mencegah infeksi di bawah kulit, karena madu mengandung Vitamin C, magnesium dan asam amino. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan 2 sendok teh gula pasir, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu untuk menghancurkan lemak di bawah permukaan kulit. Sahabat dapat mencoba untuk membuat scrub kopi dengan cara mengambil 1 genggam kopi bubuk dan campurkan dengan 2 sendok teh gula pasir. Kemudian tuangkan sedikit air hangat dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu oleskan scrub kopi tersebut ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.


Itulah beberapa cara membuat scrub alami untuk wajah berminyak dan berjerawat. Cukup mudah untuk mencobanya bukan ? Selain bahan-bahannya mudah ditemukan cara membuatnya juga cukup mudah. Sekarang tunggu apalagi, silahkan dibuat dan rasakan hasilnya. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...