PUBER LEBIH CEPAT BISA DISEBABKAN SUSU

mypotik-SUSU PENYEBAB PUBER LEBIH CEPAT

Meskipun susu sapi dipercaya mempercepat masa puber pada anak, namun mitos ini dipatahkan dalam sebuah studi yang dilakukan di China. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi pada usia enam bulan hingga lima tahun tidak ada hubungannya dengan usia pubertas.

"Temuan ini menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi tidak memainkan peran utama dalam menentukan waktu pubertas," jelas para peneliti itu.

"Tapi sayangnya, hal inilah yang selama ini justru menjadi acuan masyarakat," kata Dr Andrew Bremer, seorang endokrinologi pediatrik di Vanderbilt University School of Medicine, seperti dikutip Fox.

Awal tahun 90-an, ketika diadakan penelitian pertama, hasilnya menunjukkan bahwa masa puber akan menjadi lebih cepat pada anak-anak yang diberikan susu sapi. Mereka menyimpulkan bahwa hormon yang diberikan untuk pertumbuhan pada sapi, memberikan efek yang sama untuk tubuh.

"Dari sudut pandang kedokteran, kami tidak menginginkan masyarakat menjauhi susu untuk alasan ini,” kata Bremer.

Penelitian ini menjelaskan bahwa usia pubertas ditentukan oleh etnis. Misalnya, anak perempuan di Afrika cenderung matang lebih awal dibandingkan dengan anak-anak Kaukasia. Penelitian di Amerika justru menunjukkan bahwa obesitaslah yang sangat mempengaruhi masa puber.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...