Cara Memelihara Hamster Yang Salah




Mempunyai hamster yang baik, lincah dan sehat adalah impian semua pengobies hamster. Namun ada kalanya justru kita melakukan kesalahan dalam memelihara hamster karena kita terlalu sayang dengan hamster kita. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering di lakukan oleh para penghobies hamster pemula.

Jangan memberi makan sayur, wortel maupun jagung segar sebagai pakan utama.

Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban yangg tinggi seperti ini, percayalah hal ini hanya akan merugikan kita! . Bila kita tidak percaya, silahkan teliti kondisi kandang hamster kita, apa selalu kelihatan basah dan kotor? Apa berbau menyengat? Apa kita mesti mengganti serbuk kayu setiap hari? Bila jawabannya iya, itu berarti hamster kesayangan kita mempunyai masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini bisa diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang kita berikan setiap hari! Coba ganti menu pakan hamster kita dengan yang lebih sesuai seperti makanan hamster kering yang dapat kita temui di petshop atau di supermarket. Saat ini banyak tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. kita tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster kita.

Jangan memberikan tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan.

Banyak orang yang berkata “Hamster saya sangat tergila-gila pada biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Sebetulnya ini hanya kebiasaan yang kita atau pemilik hamster sebelumnya tanamkan pada hamster kita! Mungkin kita tidak tahu jika tindakan sayang kita ini justru malah bisa membunuh hamster kita. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster, namun pemberian dalam jumlah besar bisa menyebabkan beberapa hal seperti obesitas, kurangnya kalsium sampai pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan pada proses kelahiran. Ini di karenakan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari sedangkan gizi lainnya sangat minim. Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan saat proses kelahiran. Kelainan ini bisa berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya.

Jangan memberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster.

Banyak orang khususnya pemula melakukan ini, ini adalah kesalahan dalam memelihara hamster. Banyak diantara mereka mengeluh jika bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis namun alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan khusus untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Berikan susu khusus bagi hamster! ini jauh lebih baik. Namun sebenarnya pemberian susu bagi hamster juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan namun rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan kita.

Jangan memberikan snack terlalu banyak.

Pemberian Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali. Bila terlalu sering, kita justru rugi sudah membeli makanan hamster sebab tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama dengan anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Namun sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu juga dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering bisa mengakibatkan ketidak-seimbangan gizi yang sebenarnya sudah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang sudah meracik makanan hamster. Pemberian snack secara berlebihan pasti memiliki efek negatif di kemudian hari terutama saat hamster melahirkan.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...