Tips Menguras Kolam Hias

Tips Menguras Kolam Hias
Untuk menjaga kualitas air yang prima pada kolam hias kesayangan kita maka kita sesekali perlu menguras bersih kolam hias kita. Untuk mengurasnya tidaklah susah.
Yang harus kita persiapkan untuk menguras kolam hias.

1. Tempat pemindahan ikan sementara
2. Sediakan Selang
3. Lap
4. Gayung

Caranya : 
Waktu yang baik untuk menguras kolam adalah di pagi hari. Untuk menguras kolam hias kita bisa menggunakan water pump kolam itu sendiri (yang biasa dipakai untuk penyaring kolam), dengan cara menyambungkan keluaran water pump tersebut dengan selang dan selang tersebut kita alirkan ke parit. Saat batas air sekitar 20 cm tangkaplah ikan peliharaan kita, masukkan ke tempat pemindahan sementara yang sudah kita persiapkan terlebih dahulu dan jangan lupa diberi aerotor agar ikan tetap terjaga kesehatannya. 

Apabila kolam kita terdapat tumbuhan air, pindahkan juga tumbuhan air tersebut di satu tempat dengan ikan di tempat penampungan sementara tadi.

Setelah mencapai batas dari kemampuan water pump membuang air matikan water pump tersebut, gunakan gayung untuk membuang sisa air yang ada, bila masih ada air yang tersisa maka barulah kita menggunakan lap untuk membersihkannya.

Biarkan kolam seharian tanpa di isi air agar dasar kolam terkena sinar matahari. 

Keesokan harinya barulah kita isi kembali air ke kolam hias kita, tidak disarankan menggunakan air PAM karena biasanya mengandung kaporit, isi dengan aliran air perlahan agar kotoran yang tersisa di kolam tidak mengangkat (bila dasar kolam tersebut diisi dengan koral), setelah penuh hidupkan penyaring dan water pump, biarkan beberapa saat kurang lebih satu jam, ini dimaksudkan agar air yang ada di kolam memiliki kadar oksigen yang baik, barulah masukkan kembali ikan dari tempat penampungan sementara tadi ke kolam kembali.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...