Film Bertema Kisah Cinta Manusia Dengan Robot


Trailer kedua dari film Hollywood, HER baru saja dirilis. Film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Scarlett Johansson ini menyajikan kisah "percintaan" antara seorang pria dewasa dan juga sebuah komputer. Saking meyakinkannya, kisah hubungan mereka ini bakal membuat penonton menitikkan air mata.

Kisah seorang pria kesepian yang jatuh cinta dengan kecerdasan buatan seperti dalam film HER sejatinya bukan tema yang benar-benar baru. Ada sebuah kisah sedih yang tersirat di dalamnya karena seseorang harus melampiaskan rasa cintanya kepada benda bukan kepada manusia. Apakah di masa depan kisah seperti ini bakal banyak terjadi? Berhasilkah hubungan yang tak biasa semacam ini? Simak pemaparan beberapa film yang pernah mengangkat tema tersebut di bawah ini.





1. Pria tua dan robot

Salah satu contoh hubungan manusia dengan robot dapat dlihat pada film ROBOT & FRANK. Dalam film tersebut seorang pria tua pengidap penyakit demensia, Frank (Frank Langella) hidup bergantung pada robot perawatnya. Meski pada akhirnya dalam film dikisahkan bahwa robot tersebut disalahgunakan oleh Frank untuk mencuri perhiasan, film ini memotreat hubungan yang erat antara pria dan robotnya yang masing-masing tak ingin hidup sendirian.

Kisah dalam filmnya berakhir pedih saat memori sang robot dihapus dan batere dayanya dicabut selamanya. Frank akhirnya melanjutkan hidup dalam kesendirian dengan sedih.




2. Android kecil

Dalam film Steven Spielberg ARTIFICIAL INTELLIGENCE, seorang android (robot berwujud manusia) bisa terluka hatinya saat dirinya dibuang oleh ibu manusianya di hutan. Ibu manusianya melakukan hal tersebut lantaran tak ingin anaknya yang lain menjadi iri karena perlakuannya kepada si putra robot. Tidak adil memang. Perlakuan sang ibu mengakibatkan sakit hati luar biasa pada diri sang robot kecil.

Dalam film ini jelas hubungan antara robot dan manusia tak berjalan baik.




3. Pria dewasa dan program komputer

Entah apa yang melatarbelakangi pria kesepian (Joaquin Phoenix) ini hingga ia memutuskan untuk menjalin hubungan dengan sebuah program komputer bersuara wanita (Scarlett Johansson). Sedih membayangkan hubungan di antara keduanya bisa terjalin.

Mereka hanya bisa bercakap tanpa bisa bertatap muka atau bersentuhan secara fisik. Tapi toh nyatanya pria tersebut lebih merasa hidup saat dirinya bercakap dengan program komputer tersebut.





Dalam BICENTENNIAL MAN, Robin Williams berperan sebagai seorang robot bernama Andre yang yang punya kemampuan menirukan emosi manusia. Ia mulanya dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga di rumah keluarga Martin sebelum akhirnya mendapatkan kebebaskan dan berniat untuk menemukan robot lain yang seperti dirinya.

Dalam prosesnya, ia lantas menyadari bahwa cintanya bukan untuk kaum robot lainnya melainkan untuk Little Miss dan ayahnya Richard dari keluarga Martin. Sayang, kedua manusia yang menjadi cintanya tersebut meninggal.




5. Mengorbankan diri

Hubungan antara robot dan manusia memang tak pernah mulus. Seorang bocah bernama Little Hogarth berteman dengan Iron Giant yang punya tubuh raksasa dengan sedang amnesia. Keduanya lantas menjalin hubungan yang apik dan berlaku sebagai sahabat.

Sampai pada akhirnya pemerintah mengetahui keberadaan sang robot dan berniat menghancurkannya. Iron Giant pun tak punya pilihan lain untuk mengorbankan diri demi keselamatan teman manusianya dan juga pendukuk kota.
Sumber : KL


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...