GANGGUAN KESEHATAN YANG DAPAT DIATASI DENGAN KACANG HIJAU


Hingga sekarang juga, kacang hijau masih sering dimanfaatkan untuk sajian kuliner. Kacang hijau dibuat untuk bermacam-macam makanan olahan, seperti kue, es kacang hijau, onde-onde, bubur kacang hijau, sereal untuk anak, puding dll.


Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino.

baca juga postingan yang lain :

GANGGUAN KESEHATAN YANG DAPAT DIATASI DENGAN KACANG HIJAU

#1. Mengurangi risiko kanker
Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki senyawa untuk memerangi infeksi virus. Zat ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel yang memicu kanker payudara. Zat di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel tumor.

Menurut medicalnewstoday.com, senyawa karsinogenik memicu masalah kanker. Kacang hijau mengandung jumlah tinggi klorofil, yang mampu memblokir efek karsinogenik, yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi..

Apabila Anda menyukai makanan yang dipanggang, bahkan hingga cenderung hangus, maka selain konsumsi kacang hijau, pastikan juga Anda dan keluarga rutin konsumsi sayuran hijau untuk mengurangi risiko kanker.

#2. Mengobati anemia (kurang darah)
Kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi.

#3. Menurunkan berat badan
Kacang hijau disarankan dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Hal itu karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak di dalam kacang hijau, sehingga kacang hijau dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu tetap jangan lupa melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Menurut gethealthygethot.com, dengan kandungan serat yang sangat tinggi, kacang hijau benar-benar membantu untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti membuat Anda cenderung untuk konsumsi lebih sedikit kalori.

Serat dari kacang hijau juga membantu mengatur kadar gula darah, mempromosikan kesehatan pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, membersihkan usus Anda dan mencegah kembung.

Kacang hijau juga sangat rendah kalori, membuat kacang hijau sempurna sebagai makanan yang sering dikonsumsi, karena tidak membuat gemuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta kacang hjau membuat tubuh merasa kenyang.

#4. Menurunkan kolesterol
Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu meurunkan kadar kolesterol.

Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

#5. Mengatasi diabetes
Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya bahwa kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal itu karena makanan yang memiliki kadar glikemik rendah mampu membuat kadar gula menurun (menjadi normal).

Menurut organicfacts.net, kacang-kacangan ini membantu dalam mengelola dan mengatur gejala diabetes pada banyak pasien. Studi tertentu menunjukkan pengaruh hipoglikemik definitif pada pasien diabetes.

Diabetes merupakan sebuah kondisi yang membutuhkan perawatan konstan kadar gula darah (pada tingkat normal), sehingga tubuh mampu melakukan fungsinya dengan normal.

#6. Mengurangi keluhan pasca menopause
Kacang hijau memiliki senyawa isoflavon, yang merupakan kelompok phytoestrogen, hal ini membuat kacang hijau memiliki sifat estrogenik alamiah.

Konsumsi 90 mg phytoestrogen sehari bermanfaat untuk membantu perempuan yang sedang mengalami transisi menopause, guna mencegah osteoporosis, zat ini bekerja untuk merangsang pembentukan tulang.

#7. Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah organ yang sangat vital. Untuk itu, sangat penting melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu yang juga sangat penting adalah konsumsi makanan-makanan yang baik untuk organ jantung...

...salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya berfungsi menyerap lemak, hal ini untuk mencegah timbulnya flak di dalam pembuluh darah.

Dimana terbentuknya flak di pembuluh darah akan memicu resiko tinggi penyakit jantung dan stroke.

Dari organicfacts.net, bahwa kacang hijau membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid adalah antioksidan polifenol yang umum ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran.

Senyawa flavonoid yang tinggi dan antioksidan secara umum memiliki sifat anti-inflamasi. Subjek tes dari sennyawa ini, hasilnya berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

Penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke umumnya disebabkan oleh aktivitas trombotik, senyawa flavonoid di dalam kacang hijau membantu untuk mencegah bahaya ini.



#8. Menguatkan tulang
Kalsium dan fosfor adalah mineral yang sangat diperlukan keberadaannya untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Mineral ini sangat penting dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak, dan mencegah osteoporosis pada usia dewasa.

Kandungan fosfor dan kalsium di dalam kacang hijau berperan dalam proses regenerasi pembentukan tulang dan gigi.

Menurut organicfacts.net, sejumlah nutrisi, seperti kalsium, ditemukan dalam kacang hijau, merupakan bagian integral dalam mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis. Kandungan yang sangat diperlukan yaitu vitamin K, vitamin A, dan silikon.

Kekurangan asupan senyawa tersebut, telah dikaitkan (oleh para ahli) dengan peningkatan resiko keropos tulang, kekuatan tulang, dan daya tahan tulang.

Senyawa silicon merupakan mineral yang tidak umum didengar, yang relatif jarang terkandung di sebagian besar makanan. Namun, kacang hijau merupakan sumber yang sangat baik untuk asupan silikon, yang menjadi elemen penting dalam regenerasi tulang dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Menurut organicfacts.net, rendahnya asupan vitamin K untuk tubuh, telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi pada masalah patah tulang.

Konsumsi vitamin K yang mencukupi kebutuhan tubuh, sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tulang, dengan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.

Satu cangkir kacang hijau memberikan 14,4 mikrogram vitamin K (hampir 20% dari kebutuhan harian) serta 4% kalsium.

#9. Menghilangkan bekas cacar dan jerawat
Selain dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar dan menghilangkan bekas jerawat. Caranya, pertama-tama rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam.

Besok paginya, setelah mengembang lalu ditumbuk hingga halus, lalu balurkan pada wajah sebagai masker.

Kemudian tunggu beberapa lama, biarkan hingga mengering dengan sendirinya, seelah itu baru dicuci hingga bersih.

#10. Untuk ibu hamil dan janin
Orang-orang dari dahulu menganjurkan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Kemudian secara penelitian medis, dengan melakukan penelitian pada kandungan protein di dalam kacang hijau...

... ditemukan hasil penelitian, bahwa kicang hujau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau, biasanya melahirkan bayi dengan rambut lebat.

kandungan vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, semuanya sangat penting untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

Menurut medicalnewstoday.com, mengkonsumsi zat besi lebih dari sumber tanaman / sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, labu dan kacang hijau, membantu untuk mempromosikan kesuburan.

Penelitian dari pihak Harvard Medical School Harvard Health Publications, menemukan bahwa asupan asam folat dibutuhkan untuk wanita hamil, gunak melindungi bayi dari masalah cacat tabung saraf. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan asam folat dan 6% dari besi (dari kebutuhan harian).



#11. Makanan pendamping ASI
Makanan Pendamping ASI biasanya diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dan makanan yang paling direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau.

Hal itu karena kandungan vitamin B kompleks, yang berperan penting dalam pertumbuhan bayi agar lebih maksimal.

#12. Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan
Kacang hijau juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Dimana banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan kacang hijau.

Selain itu, tempat lulur di spa-spa kecantikan, juga menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama. Kacang hijau memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit, hingga mengambil sel kulit mati yang berada di dalam tubuh.

Penggunaan bahan kacang hijau sebagai lulur, membuat kulit nampak lebih putih, bersih dan halus.

Dilansir dari fajar.co.id, kacang hijau bisa membantu kulit bebas dari jerawat dan membuat kulit wajah lebih mulus. Kandungan protein di dalam kacang hijau memberikan manfaat besar bagi kulit, diantaranya menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah.

Ramuan masker kacang hijau bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan membuat kulit sehat dan halus. Membuat ramuan masker kacang hijau ini, menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan tersedia di rumah.

Dalam membuat masker kacang hijau, dibutuhkan 100 gram kacang hijau dan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama, rendam kacang hijau dalam air hangat selama 15 menit (hingga kacang hijau terlihat agak mengembang).
  • Tiriskan kacang hijau, lalu blender hingga halus.
  • Campurkan kacang hijau (yang sudah halus) dengan yogurt, lalu aduk hingga rata.
  • Sebelumnya, bersihkan wajah dengan iar bersih, lalu keringkan.
  • Setelah itu, oleskan ramuan masker hingga merata
  • Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas wajah anda dengan air hangat.
  • Akhiri dengan basuhan air dingin (biasa).


#13. Kesehatan Rambut
Dilansir dari tren.co.id, kacang hijau kaya protein yang berkhasiat untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah.

Untuk memperoleh manfaat ini, maka dengan mengolah kacang hijau menjadi bahan alami untuk kesehatan rambut. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

  • Siapkan segenggam kacang hijau
  • Rebuslah dengan mencampurkan 3 gelas air.
  • Biarkan airnya mendidih hingga kacang hijau membesar (upayakan jangan sampai kacang hijau pecah).
  • Setelah itu angkat air rebusan, lalu saring airnya.
  • Embunkan (biarkan) air saringan semalaman
  • Bilaskan air tersebut ke rambut, sembari digosok-gosok sampai merata, lalu diamkan selama 20-30 menit.
  • Terakhir bilas rambut dengan air bersih seperti biasa.
#14. Mencegah kanker usus
Kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau, bermanfaat untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun, sehingga mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.

Dari organicfacts.net, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau bermanfaat untuk mencegah polip pra-kanker yang umumnya menyebabkan kanker usus besar.

Banyak penelitian telah mencoba untuk menghubungkan asupan kacang kering untuk pencegahan kanker, bukti baru menunjukkan bahwa peningkatan asupan kacang hijau dapat mengurangi risiko kanker adenoma dan kanker kolorektal.

Kandungan serat tinggi berdampak positif bagi sistem pencernaan. Asupan serat mempermudah proses pencernaan dan meningkatkan gerakan usus yang sehat.

Studi tertentu telah menunjukkan korelasi positif antara peningkatan asupan serat dan penurunan kanker usus besar, tapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

#15. Kesehatan mata
Kandungan Vitamin A di dalam kacang hijau memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan mata. Menurut organicfacts.net, beberapa karotenoid di dalam kacang hijau berfungsi untuk mencegah degenerasi makula, yang merupakan penurunan kemampuan menlihat.

Senyawa lutein dan zeaxanthin memainkan fungsi penting dalam mencegah stres pada kerja bagian dalam mata. Memastikan tingkat karotenoid tetap kuat untuk mencegah kerusakan penglihatan, ini manfaat penting dari kacang hijau.

#16. Menyembuhkan Luka
Menurut healthfitnessrevolution.com, makan beberapa kacang hijau yang memiliki asupan vitamin C, mampu untuk mempercepat penyembuhan luka dan memar. Selain itu juga membantu dalam penyembuhan luka bakar.
http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...