TIPS PELAJAR YANG BAIK DAN BENAR DALAM MENGHADAPI UJIAN


Sebagai seorang pelajar pasti akan selalu dihadapi dengan yang namanyaujian/ulangan/test, baik tes menjawab pertanyaan guru, ulangan harian, ujian akhir, ataupun tes masuk perguruan tinggi negeri. Jangan takut dan bosan dengan namanya ujiankarena ujian merupakan sebuah ukuran untuk melihat kemampuanmu dalam menghadapimateri pelajaran di sekolah, atau dalam melakukan tugas – tugas tertentu.

Dalam mengerjakan soal ujian tentunya kamu tidak cukup mengandalkan hapalan yangkamu miliki. Sukses atau gagalnya ujian yang kamu hadapi tergantung dari persiapan fisikmaupun mentalmu. Selain itu, strategi yang kamu pilih untuk menyelesaikan soal jugamenjadi kunci sukses atau tidaknya dalam mengerjakan tes atau ujian.Nah, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu dalam menghadapi ujian

baca juga tips-tips lainnya yang berhubungan dengan ujian :



Simak dengan baik tips-tips di bawah ini dan coba praktekkan ! 
Dalam menghadapi ujianyang harus kamu lakukan adalah :
  • Siapkan peralatan ujian dengan baik Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan seperti pensil, pulpen, kalkulator, jam (tangan), penghapus, tip – ex, penggaris, dan lain – lain. Perlengkapan ini akan membantu kamu tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
  • Datanglah lebih cepat sebelum ujian dilaksanakan Dengan dating lebih awal (minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan), kamu akan punya waktu untuk mempersiapkan mental dan fisik kamu yang akhirnya akan membantumu untuk lebih berkonsentrasi selama mengerjakan ujian.
  • Tenang dan percaya diri Sebelum mengerjakan ujian biasakan untuk berdo’a. Dengan berdo’a kamu akan lebih tenang dan percaya diri. Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia akan mengerjakan ujian dengan baik.
  • Jangan tegang santailah dalam mengerjakan setiap ujian Jika kamu tegang saat ujian, maka akan merusak konsentrasimu. Santai saja dan pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian.
  • Baca perintah soal dan preview soal – soal ujianmu dahulu Sebelum mulai mengerjakan ujian janganlah terpancing untuk langsung melihat soal dan mengerjakan soal, bacalah perintah soal ujian dengan baik dan tidak terburu – buru. Sebab seringkali perintah untuk menjawab tidak sesuai dengan ujian yang lainnya. Tandai kata – kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing – masing soal. Ketika kamu membaca soal – soal, catat juga ide – ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
  • Seleksi soal terlebih dahulu Seleksi soal maksudnya adalah seleksilah soal yang kamu anggap mudah untuk dapat dikerjakan terlebih dahulu, kemudian baru mengerjakan soal – soal yang sulit. Soal yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya dan soal yang memiliki nilai terkecil juga dikerjakan terakhir. Hal ini akan membantumu mengurangi pemborosan waktu menjawab.
  • Metode menjawab soal Biasanya ada dua tipe soal pada ujian yang akan kamu hadapi. Oleh karena itu kamu harus bisa membuat strategi dalam menjawab. 
    • Soal – soal pilihan ganda Langsung abaikan jawaban yang kamu anggap salah. Apabila digunakan hukuman pengurangan nilai pada jawaban yang salah, jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu ragu dengan jawabanmu tersebut. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin atas koreksi yang kamu lakukan. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai atau ketika tidak adapilihan jawaban yang dapat kamu abaikan.
    • Soal ujian essai Pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. Buatlah kerangka jawaban singkat untuk essai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Usahakan untuk menuliskan secara langsung poin pertama dari jawaban sehingga jawabanmu tidak akan melenceng kemana – mana. Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf – paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin – poin utama secara mendetail.
  • Baca kembali Hindari keinginan untuk meninggalkan kelas dengan segera setelah kamu menjawab semua soal – soal ujian. Bacalah kembali dengan teliti jawaban yang sudah kalu tulis, cek ejaan, struktur bahasa, dan tanda baca pada bagian jawaban soal essai sehingga jika ada kekurangan kamu akan dapat segera memperbaiki.
  • Tutup dengan do’a Sebagaimana kamu berdo’a untuk memulai mengerjakan ujian, berdo’alah juga setelah selesai mengerjakan. Semoga apa yang sudah kamu kerjakan benar dan mendapat nilai yang baik. 
SEMOGA SUKSES DALAM UJIAN


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...