CARA AMAN MEMBERIKAN OBAT PADA ANAK YANG BAIK DAN BENAR


Memang, tidak semua anak kecil ketika sakit dapat diberi minum obat dengan mudah, dibutuhkan perjuangan dan ekstra kesabaran agar sang anak mau untuk minum obat.

Sehingga, memang ketika si kecil terserang sakit, maka ini menjadi ujian untuk sang Ibu dikarenakan si kecil yang tidak mau untuk meminum obat. 

Untuk itu perlu cara khusus agar bisa memberikan obat kepada sang anak, dan ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menanyakan informasi sebanyak mungkin tentang obat-obatan yang diberikan dan efek samping nya.

Dan hal yang cukup penting ditanyakan adalah makanan apa yang harus dihindari jika anak meminum obat tertentu, hal ini cukup penting untuk ditanyakan kepada ahli kesehatan atau dokter.

baca juga:


Obat-obatan untuk anak memang biasanya dibuat dari sirup manis, agar nantinya lebih mudah ditelan ketika diberikan dengan sendok, tabung atau alat tetes.

Alat tetes dan tabung cocok digunakan untuk bayi yang belum mampu untuk menelan dengan sendok. 

Beberapa tips memberikan obat pada bayi...
  • Mintalah pertolongan orang lain, seperti sang kakak.
  • Adapun jika sendirian, maka Anda bisa melilitkan lengan bayi dengan selimut, agar nantinya berguna untuk menghentikannya jika memberontak.
  • Memberikan obat sedikit demi sedikit ke dalam mulut sang bayi.
  • Jika bayi melepeh obat, maka cari pendamping agar dapat menahan mulutnya tetap terbuka, sementara Anda mengalirkan obat ke mulutnya dengan hati-hati, dan kemudian tutup mulutnya dengan lembut namun rapat.

Tips memberikan obat untuk anak yang sudah agak besar...
  • Jika sang anak meminum obat, maka terkadang sang anak tidak menyukai baunya, sehingga memencet hidungnya sendiri. Hal tersebut memang baik karena obat yang pahit tersebut nantinya tidak terlalu terasa di lidah. Akan tetapi lakukan dengan hati-hati, karena dapat membuat justru masuk ke saluran pernapasan.
  • Hindari menambahkan obat cair ke minuman, karena hal tersebut mengakibatkan obat akan tenggelam ke dasar gelas, atau juga dapat lengket ke bagian samping sehingga anak tidak memperoleh dosis yang penuh.
  • Motivasi anak, seperti menunjukan kepada anak bahwa Anda menyediakan minuman favoritnya setelah meminum obat.
  • Ajarkan anak untuk membersihkan gigi setelah meminum obat cair, hal ini untuk mencegah sirup menempel di giginya.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...