CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS


Jika kita telah mempunyai faktor dasar penting belajar bahasa inggris, saya yakin kemampuan bahasa inggris kita sedikit banyak telah meningkat. Tapi tahukah kamu, apa kebiasaan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita? Sehingga kita bisa memenuhi tuntutan zaman?

Ingat, bahasa adalah sebuah alat untuk berkomunikasi. Sehingga cara terbaik belajar bahasa inggris adalah membiasakannya. Berikut adalah 7 kebiasaan yang bisa kamu lakukan.

1. Menulis artikel bahasa inggris

Secara dasar menulis sama dengan berbicara. Hanya saja kata dan kalimat yang kita gunakan tidak diverbalkan, melainkan hanya ditulis dalam selembar kertas. Akan tetapi, memiliki manfaat yang kurang lebih sama. Bahkan beberapa penulis menganggap lebih memiliki efek besar dalam belajar bahasa. Saya pernah mendengar seorang wartawan yang ingin belajar bahasa inggris, dia malah masuk ke Jakarta Post.

2. Berbicara dengan teman

Waktu sekolah menengah atas, sekolah saya tidak menerapkan english day, atau semacamnya. Sehingga siswa-siswi di sekolah saya jarang menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Efeknya sangat jelas, mereka tidak terbiasa. Dan sekarang, ketika saya dibandingkan teman saya yang telah terbiasa dari dulu menggunakan bahasa inggris, saya kalah. Meski pun tidak telak.

3. Menerjemahkan artikel bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia

Saya sering melakukannya. Menerjemahkan cerpen dan puisi bahasa inggriss. Hasilnya, saya memiliki perbendaharaan kata yang berlimpah.

4. Mengajar teman-teman lain

Tidak tahu kenapa, ada efek belajar ketika kita mengajarkan ilmu kepada orang lain. karena itu, seorang guru tiap tahun tambah pintar. Mungkin ini yang dinamakan efek dua sisi.

5. Membuka kamus bahasa inggris

Pengertian kata termaktub dalam sebuah kamus. Kamus lah yang bisa kita jadikan rujukan, apa arti atau makna kata yang tidak kita ketahui. Seseorang yang ingin belajar bahasa inggris seharusnya sering membuka kamus.

6. Mendengarkan musik

Sangat menyenangkan belajar sambil bermain, bukan? Kita bisa mengakali belajar bahasa inggris dengan mendengarkan musik bahasa inggris. Biasanya opendengar musik secara tidak sadar meniru suara penyanyi. Saat itulah dia telah belajar bagaimana cara pengucapannya.

7. Menonton film

Sama seperti mendengarkan musik. Cobalah setting film yang kamu setel, tidak menampilkan subtitle. Biarkan tidak ada teks yang membantumu mengeri percakapan. Dengan begitu kamu telah membuat diri berlatih listening.
sumber


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...