Mesin Mobil Yang Sehat Bisa Dilihat Dari Olinya



Minyak pelumas pada mobil jika kurang mendapat perhatian dampaknya bisa berpengaruh pada kinerja mesin yang menurun juga lebih boros bahan bakar. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan ganti oli sesuai prosedurnya.

Baru menebus mobil baru? Boleh saja, tapi perlu diingat jangan sampai Anda melupakan pergantian oli mesin. Jarak tempuh yang jauh selama pulang pergi beraktivitas mempengaruhi tingkat kekentalan pelumas mesin. Hal ini dikarenakan minyak pelumas terus bekerja dalam melumasi bagian dalam mesin yang bergesekan selain itu juga berperan dalam mendinginkan mesin pada saat panas. Untuk itu sebaiknya lakukan penggantian oli pada 1.000 km pertama bila mesin ingin tetap awet.

"Sebab itu, usahakan mengganti, pelumas mesin, gardan dan transmisi bawaan pabrik untuk mengeluarkan sisa-sisa partikel logam," terang Amiaw dari bengkel Amiaw Motor Sport di Kemanggisan, Jakbar.

Umumnya, pelumas mesin yang digunakan tiap pabrikan berbeda. Saat penggantian pertama kali pilih pelumas mineral berkadar SAE 10W-30 (mesin bensin). Sedangkan SAE 15W-40 atau 10W-30 untuk (mesin diesel). Tahap selanjutnya, pemakain lebih dari 5.000 km dapat menggunakan jenis semi synthetic atau full synthetic.

Lalu, pelumas gardan alias girboks pilihannya bisa yang memiliki kadar SAE 80W-90 / 85W-90 / 90 dengan API GL-5 atau pelumas gardan LSD comply (bagi mobil 4X4) atau lihat spesifikasi yang disarankan pada buku manual kendaraan.

Pelumas transmisi terbagi menjadi beberapa tipe, manual, otomatis slip lock, otomatis konvensional dan model CVT.

Slip-controlled lock-up

Mobil yang menganut transmisi otomatis tipe slip controlled lock-up umumnya menggunakan jenis Automatic Transmission Fluid(ATF) sesuai spesifikasi dari pabrik. Jadi tidak bisa main asal pakai minyak pelumas transmisi biasa.

Mobil yang didukung dengan transmisi tersebut memiliki perpindahan gigi yang halus. Untuk produk mobil dari Toyota biasanya pakai tipe pelumas jenis T-IV atau T-WS, Mitsubishi, Diamond SPIII, Nissan dengan ATF-D, Honda dengan standard Z-1, dan sebagainya.

Transmisi otomatis tipe konvensional 

Kedua, tipe transmisi tipe otomatis konvensional. Jika mobil transmisi manual atau yang biasa, bekerja dengan cara menginjak kopling memindahkan gigi lalu kembali menginjak gas. Maka pada transmisi otomatis jenis ini tidak menggunakan kopling. Si pengendara hanya perlu menginjak gas (seperti kalau naik boom-boom car). Dalam kecepatan tertentu gigi akan berpindah dengan sendirinya dan kendaraan pun akan terus melaju semakin cepat sesuai dengan injakan gas si pengemudi biasanya mengaplikasi minyak pelumas jenis ATF kelas ekonomi. Namun, jika Anda menginginkan kinerja transmisi yang lebih baik maka di 10.000 Km bisa diganti dengan ATF ber-standard Dexron III yang berkualitas.

Transmisi otomatis CVT

Terakhir, untuk mobil yang mengaplikasi transmisi CVT penggunaan minyak pelumasnya tidak sama dengan tipe konvensional. Sistem transmisi CVT ini membuat setiap peningkatan akselerasi dan penurunan kecepatan menjadi tidak terasa. Getaran atau pun tenaga yang terbuang karena adanyadelay time yang biasanya pada mobil bertransmisi otomatik juga nyaris tidak terasa.

Teknologi ini membuat sistem transmisinya tak berisik, tak ada sentakan, pengoperasiannya mudah dan bisa menyesuaikan dengan karakter pengemudi. Juga membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien, mempunyai ketahanan dan kehandalan lebih baik dari transmisi biasa. Untuk penggantiantransmisi otomatis CVT sesuaikan dengan buku manual CVT. Tapi, mobil yang sering membawa beban atau dikemudikan pada kecepatan tinggi maka interval penggantian pelumas CVT sebaiknya dipercepat.

Deteksi Kondisi Mesin

Oh ya, ada juga beberapa trik atau cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil Anda. Pertama bisa dilakukan dengan cara dengan cara memperhatikan kekentalan warna oli. Dan yang kedua dapat dilakukan melalui pengetesan pada silinder mesin Anda dengan menggunakan alat cylinder leakage tester (alat uji prosentase tingkat kelaikan mesin).

Namun untuk cara yang kedua tadi, harus dilakukan pada bengkel yang memiliki perangkat tester silinder. Seperti di AMS yang menawarkan jasa pengecekan silinder untuk semua jenis mobil bensin dengan harga jasa Rp 150 ribu. Harga tersebut diluar perbaikan, jika diketahui ada salah satu silinder yang bermasalah, biasanya kami sarankan untuk di servis. Sebab jika tidak performa mesin jadi pincang," kata Amiaw, mekanik berpengalaman di dunia modifikasi balap mobil ini.

Nah untuk pilihan trik yang pertama Anda dapat mengetahui dari warna olinya.

1.Coklat agak kekuningan

Ini terjadi pada kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli akan menjadi coklat kekuningan. Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal.

2. Hitam

Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan anda telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Dan yang kedua karena terjadi kerusakan pada mesin anda. Jika itu terjadi disarankan untuk segera mengecek mesin mobil ke ahlinya.

3. Putih Pekat 

Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik. ada baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah kocek yang harus anda keluarkan.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...