HARGA ROKOK PALING MAHAL DI DUNIA



Negara dengan Harga Rokok Paling Mahal di Dunia. Salah satu cara pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakatadalah dengan menaikkan cukai untuk rokok. Dengan tujuan mengurangi konsumsi rokok dan menekan angka kematian akibat rokok.

Desember 2012, harga rokok akan dinaikkan dengan kenaikan maksimal 81 persen dan rata-rata 7 persen.

Tapi apakah pemerintah Indonesia cukup berhasil dengan menaikkan harga rokok nantinya? Ternyata masih banyak yang lebih mahal dari Indonesia loh. Berikut negara negara dengan harga rokok yang termahal di dunia.

1. Irlandia

Di Irlandia, sebungkus rokok dijual dengan harga Rp 90.997 !

2. Skotlandia
Nantinya di Skotlandia akan ada pelarangan pemajangan rokok di toko-toko. Pemerintah Skotlandia sangat memperhatikan kesehatan anak-anak yang berisiko merokok pada usia muda. Negara ini juga telah menaikkan harga rokok menjadi Rp 93.490 per bungkus di tahun 2010 lalu.

3. Islandia
Hukum Islandia mengharuskan penjualan rokok tidak boleh terlihat di toko. Bahkan, pemerintahnya telah berencana untuk membatasi pembelian rokok hanya berdasarkan resep dokter, nah loh! Wacana itu masih diperdebatkan. Harga rokok di Islandia mencapai Rp 94.362 per bungkus.

4. Mauritius
Pulau di benua Afrika ini menjadi pelopor kampanye anti rokok di benua tersebut. Kemasan rokoknya dipenuhi gambar peringatan merokok yang mengambil tempat 65 persen. Harga rokok di Mauritius mencapai Rp 103.000 per bungkus! wuiiihhh

5. Norwegia
Norwegia adalah negara yang paling keras terhadap rokok. Rokok dilarang dipajang di toko. Hal tersebut sempat membuat Philip Morris, produsen Marlboro di Norwegia, menuntut kebijakan itu. Namun, akhirnya kalah. Kini, harga rokok semakin naik dan mencapai Rp 146.000 per bungkus!

6. Selandia Baru
Selandia Baru berencana untuk menghilangkan rokok sama sekali pada tahun 2025. Untuk memenuhi ambisi itu, negara ini akan terus menaikkan harga rokoknya. Pada tahun 2020 rencananya rokok akan dijual Rp 960.000 per bungkus. Saat ini harga rokok di Selandia Baru mencapai Rp 221.153 per bungkus.

7. Singapura

Singapura adalah salah satu negara di Asia yang ketat dengan rokok. Hal tersebut terlihat dari harga rokok yang dijual sekitar Rp 73.000 per bungkus.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...