Bunyi Mencicit Saat Mobil Dihidupkan

Penyebab bunyi mendecit pada mesin tersebut biasanya disebabkan oleh tali kipas / vanbelt mesin ataupun alternator.

Tali kipas atau dalam bahasa tehniknya disebut vanbelt/drivebelt adalah salah satu komponen penting yang ada pada mobil yang fungsinya adalah membagi/meneruskan putaran dari pulley ke bagian lain seperti waterpump (pompa air ),AC compressor,powersteering,serta kipas pendingin radiator sehingga dapat bekerja sesuai fungsinya.




beberapa penyebab bunyi mencicit di area mesin diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tali kipas / fan belt kendor sehingga ketika mesin pertama kali dihidupkan tali yang seharusnya memutar semua komponen yang ada terjadi slip sehingga timbul suara mencicit.
  • Tali kipas / fan belt terkena kotoran, cairan minyak powersteering/oli yang tumpah secara tidak sengaja sehingga membuat licin si drivebelt tersebut dan timbul lah bunyi bunyian tadi.
  • Tali kipas pecah-pecah/retak.tali kipas / fan belt yang sudah mengalami keretakan baik retak secara lurus ataupun memotong juga bisa menyebabkan bunyi ketika mesih dihidupkan.kondisi seperti ini biasanya karena pengaruh usia dari tali kipas yang sudah tua dan memang sudah waktunya untuk dilakukan penggantian.
Pemeriksaan Gejala

Pada mobil kijang sebelumnya anda harus memeriksa tali manakah yang menyebabkan bunyi mendecit. pertama matikan AC lalu starter mobil anda,kemudian setelah itu nyalakan AC.lihat apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah anda menyalakan AC. bila ada berarti suara timbul dari tali AC. Namun bila tidak ada perbedaan suara berarti bisa dari tali kipas. Untuk mobil selain kijang anda bisa langsung melakukan perbaikan.



Cara mengatasi mesin mobil berbunyi

  • Periksa kekencangan tali kipas dengan cara menekan kebawah,bila dirasa sedikit kendor silahkan anda lakukan penyetelan secara manual.
  • Bila tali kipas terkena noda minyak misal minyak powersteering ataupun oli anda bisa mengakali dengan menuangkan BEDAK bayi ke seluruh tali kipas dan kemudian starter untuk mengecek apakah sudah teratasi bunyi nya.
  • Periksa keretakan yang ada pada fan belt,bila anda menemukan tali kipas sudah mulai retak retak sebaiknya anda mengganti dengan yang baru di bengkel resmi langganan anda.


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...