Tidak manusiawi, Masa Kerangka Bayi dihiasi dengan 8000 Berlian


Sebuah tengkorak bayi dijadikan karya seni bertahtakan berlian. Akibat menggunakan kerangka bayi sebagai media seninya, seniman dari Inggris ini hingga dicap tidak manusiawi. Seperti diwartakanTelegraph.co.uk, Selasa (11/1), Damien Hirst menjadikan fosil kerangka bayi dari koleksi patologi abad ke-19 sebagai kreasi barunya, menghiasinya dengan delapan ribu berlian berwarna pink dan putih.

Sebelum dihiasi dengan ribuan berlian, kerangka itu dilapisi dengan platinum terlebih dulu. Seluruh berlian tersebut juga dipesan secara khusus dari toko perhiasan Bentley & Skinner. Meskipun kerangka ini belum dipasangi harga, namun diperkirakan harganya mencapai 50 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 705 miliar. Tengkorak bayi berhiaskan berlian ini akan dipamerkan di Galeri Gagosian, Hongkong.

Damein menamakan karyanya ini dengan 'Demi Keindahan Surgawi'. Ia mengangkat kerangka sebagai karya seni karena terinspirasi oleh kegunaan tengkorak untuk kesenian oleh suku Aztek. "Ketika Anda melihat sebuah tengkorak, Anda akan berpikir tentang kematian. Namun, ketika Anda melihat kematian bisa begitu indah, Anda akan mendapatkan sebuah harapan," ungkapnya seperti dilansir situs aol.

Meskipun kerangka itu merupakan hasil karya seni yang harganya sangat mahal. Nyatanya, para orang tua di Inggris mengaggap hasil karya Damien sangat mengganggu dan tidak beradab.

Sally Russell, perwakilan dari kelompok orang tua, mengatakan, "Dengan menjadikan kerangka sebagai media seni, Damien sangat tidak berperasaan. Ia tidak tahu karyanya itu bisa melukai beberapa orang tua yang kehilangan anaknya."



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...