Mencegah Stres dan Cara Meredakan Stres

Stres
Mencegah Stres
Langkah awal untuk mencegah stres adalah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu datangnya stres. Setelah mengetahuinya, hindarilah dan mulailah menetapkan tujuan dan harapan secara realistis yang memungkinkan Anda dapat mewujudkannya. Jangan pernah membiarkan orang lain mengatur atau menuntut sesuatu yang tidak mungkin Anda capai. Hal penting terakhir agar tidak stres adalah luangkan waktu Anda setiap hari untuk rilekskan pikiran.

Meredakan Stres
Duduklah di lantai atau di sebuah kursi dengan santai dan rileks. Kemudian pejamkan mata, ambil napas melalui hidung secara perlahan dan keluarkan. Rasakan setiap hembusan napas yang masuk atau keluar melalui hidung Anda. Sambil melakukan hal itu bayangkan tentang sesuatu yang membuat Anda rileks. Lalukanlah kegiatan tersebut selama kurang lebih 20 menit sehari.

Senam untuk Melepas Stres
Jongkoklah di lantai. Turunkan pinggul hingga menyentuh tumit sambil menghembuskan napas secara perlahan. Berbungkuklah ke depan hingga dahi menyentuh permukaan lantai. Regangkan tangan ke belakang dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Tarik napas dalam, tekan perut hingga ke paha dan lepaskan secara perlahan. Ulangi bernapas sebanyak empat kali.

Menghindari Stres Lewat Makanan
Stres dapat dipicu oleh makanan atau minuman. Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bila Anda tidak ingin terkena stres. Makanan dan minuman yang yang harus dihindari seperti kopi, teh, soda, dan cokelat karena dapat meningkatkan kadar hormon stres. Hindari mengonsumsi gula dan alkohol yang berlebihan karena dapat membahayakan kelenjar adrenal yang mengatur hormon stres.

Referensi



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...