Tips agar rantai motor tetap awet

Bagi pemilik sepeda motor pasti tahu lah kapan mengganti gear dan rantai sepeda motor. Rantai sepeda motor mungkin sebagian orang merupakan komponen sepeda motor yang tidak begitu penting tapi sebenarnya komponen ini begitu penting karena jika rantai motor kurang dirawat ada beberapa hal yang akan terjadi pada sepeda motor kita diantaranya adalah :

  • Rantai cepat aus sehingga cepat muai. Rantai yang muai pastilah harus dikencangkan, kalau priode muai dan pengencangan rantai terlalu cepat maka rantai akan cepat habis dan perlu penggantian rantai. Pemuaian rantai akibat laher rantai dimasuki pasir sehingga laher rantai menjadi longgar. Kalau rantai cepat aus maka kita harus sering ganti rantai dan tentunya biaya.
  • Gear akan cepat aus, karena rantai yang kotor dan aus akan menyebabkan gear menjadi cepat aus juga, gear yang aus membuat kita cepat ganti gear dan tentunya biaya
  • Gear dan rantai tidak optimal membuat kecepatan dan kelancaran motor tidak optimal. akibat rantai yang kendor karena aus bisa menyebabkan kecelakaan saat rantai lepas dari gear.

Untuk menjaga agar rantai selalu Optimal adalah memberi perawatan pada rantai itu, kebanyakan orang menggunakan oli bekas untuk melumas rantai dengan alasan kalo pake oli maka kotoran tidak begitu menempel seperti jika menggunakan gemuk. Tapi menggunakan oli bekas membuat rantai cepat muai sehingga cepat kendor dan kalo sering muai maka rantai harus di potong. Solusi yang tepat adalah dengan memberikan Oli khusus rantai. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa menggunakan oli bekas maka setiap 1 bulan sekali rantai harus di stel tapi jika menggunakan oli khusus rantai maka akan beda hasilnya. Saya menggunakan Oli rantai merek Zone Chain Lubricant sejak rutin pemakaian sudah 1 tahun lebih rantai gak pernah di stel dan kondisi rantai seperti baru, tidak kotor dan hitam.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...