Cara Efektif Merampingkan Perut dengan Cepat

Ingin punya perut langsing? Bukan berarti Anda hams melatih otot perut setiap hari. Itu sih kuno. Cukup 2-4 kali seminggu, demikian saran Len Kravitz, Ph.D. dari IDEA Health & FitnessAssociation. Lebih efektif bila Anda melakukan latihan yang variatif, misalnya kombinasi latihan perut intensitas tinggi memakai mediball atau rubbing band, dengan latihan intensitas rendah seperti crunch.

Penelitian ilmiah menemukan prinsip mengusir lemak perut yang paling efektif: kombinasi latihan aerobik dan latihan beban, latihan otot perut, serta diet seimbang. Jika Anda cukup kuat berdisiplin dengan program ini, dijamin dalam beberapa bulan Anda bisa say goodbye pada lemak yang mulai ‘membukit’ di perut. Berikut ini beberapa hal penting untuk hasil latihan yang maksimal.

o Lakukan 60 sampai 90 menit aerobik sebanyak 3 – 5 hail per minggu. Agar pembakaran lemak lebih efektif, usahakan agar denyut jantung Anda berada di zona Exercise Heart Rate (HER), yaitu 70 sampai 85% dari Maximum Heart Rate (MHR) Anda. Cara menghitung MHR adalah 220 – umur. Jika Anda berumur 25 tahun, MHR Anda adalah 220 – 25 = 195 denyut per menit. HER Anda: 70% dari 195 = 136, 85% dari 195 = 165. Jadi HER Anda antara 136 – 165 per menit.

o Latihan beban minimal 2 hari per minggu. Latihan beban akan
menambah massa otot dan meningkatkan metabolisme.

o Latihan otot perut minimal 2 hari per minggu. Latihan beban akan menambah massa otot dan meningkatkan metabolisme.

o Latihan otot perut minimal 3 hail per minggu, seperti crunches, exercise ball crunches, bicycle exercise, dan side bridges. Latihan-latihan tersebut tidak hanya membuat ramping, tapi juga membentuk otot perut sehingga ketika lemak hilang, perut akan terlihat kencang.

o Sertakan latihan interval. Jika Anda jogging di lintasan lari out¬door, mulailah dengan melakukan sprint pada lintasan lurus dan berjalanlah saat lintasan membelok. Seiring dengan meningkatnya kebugaran, tingkatkan jarak sprint Anda. Beristirahatlah selama 1 sampai 5 menit di antara tiap sprint. Anda akan merasakan peningkatan kebugaran dan menghilangnya lemak perut dengan latihan jenis ini.

Bagi Anda yang sudah terbiasa joging, mungkin sudah mulai bosan dengan olahraga yang memang cenderung monoton ini. Untuk mencegah kebosanan, sedikit variasi ternyata punya efek yang besar terhadap tubuh Anda. Lari dengan dumbel misalnya. Tak hanya melatih kardio, tapi juga otot-otot tubuh terutama tangan. Tapi tetap perhatikan kemampuan tubuh Anda.

Hal yang harus diperhatikan
Otot perut terdiri atas empat kelompok, yaitu rectus abdominis, external oblique, internal oblique, dan transverse abdominis. Yang terpanjang adalah otot rectus abdominis, yang memanjang dari dasar tulang dada ke tulang panggul. Otot ini berperan saat kita melipat tubuh (sit-up), sedangkan otot eksternal dan internal ob¬lique membentang di bagian samping tubuh. Bentuknya yang bagus akan menambah keindahan tubuh. Dan, otot transverse abdominis akan berkontraksi saat kita batuk atau bersin.

Kekencangan perut dapat dijaga dengan melakukan latihan khusus untuk daerah itu. Tetapi, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang hams Anda perhatikan. Yang penting diketahui adalah apakah Anda punya masalah di bagian tubuh tertentu. Kalau ya, ada baiknya Anda memeriksakannya terlebih dahulu ke dokter.

Referensi
Seri Diet Korektif – Diet Atkins



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...