Cara Menyimpan Produk Berbahan Susu

Tips Menyimpan Produk Berbahan Susu


Susu dan produk lain turunannya bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan. Bagaimanakah cara menyimpan produk berbahan susu ini agar tetap terjaga kualitas rasanya? Simak catatan berikut ini:

Produk susu sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar. Sebagian besar produk berbahan susu tidak baik bila disimpan dalam freezer. Walaupun susu dapat disimpan dalam freezer selama tiga bulan, tekstur dan rasanya dapat berubah. Keju bertekstur padat (hard cheese) dapat berubah menjadi lebih rapuh bila dibekukan. Keju lembut seperti Ricotta atau keju Cottage sebaiknya tidak dibekukan. Begitu pula krim, krim asam, atau yoghurt.

Lain halnya dengan mentega tawar. Proses pembekuan justru dianjurkan bila mentega tawar tidak langsung digunakan setelah dibeli.

Simpan keju dalam kemasan aslinya di dalam kulkas. Jangan letakkan keju di laci pintu kulkas karena area tersebut biasanya beberapa derajat lebih hangat daripada kompartemen utama. Masukkan sisa keju yang belum terpakai ke dalam freezer bag —kantong plastik berperekat—untuk menjaga aroma dan kelembabannya, lalu simpan dalam freezer.





Keju dapat disimpan selama maksimal tiga bulan. Bila akan digunakan kembali, pindahkan pada kompartemen pendingin biasa, dan biarkan semalaman agar keju melunak.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...