TIPS PERAWATAN WAJAH AGAR TETAP CANTIK

TIPS PERAWATAN WAJAH AGAR TETAP CANTIK


Dalam literatur kedokteran, kulit wajah merupakan jaringan kulit yang paling sensitif di antara jaringan kulit lainnya pada tubuh manusia. Kulit yang menjadi organ tubuh paling mudah dilihat ini terdiri atas 3 lapisan : epidermis, dermis dan hypodermis.

Epidermis yang merupakan lapisan terluar ternyata memiliki 5-6 lapisan, dimana problem kulit berada pada stratum brasale paling bawah dan lapisan epidermis. Agar pada lapisan ini noda tidak terlalu kentara, misalnya bekas jerawat, tunggulah jerawat hingga matang. Sedang pada kulit berminyak jika hal ini tetap dilakukan maka erosi kulit bertambah lebar disamping karena lubang pori-porinya juga sudah besar.

Meski jenis kulit dibedakan antaranya berminyak, kering dan normal, namun faktor hormon, lingkungan, dan individu, juga ikut mempengaruhi. Dr. Magdalena Tan, seorang konsultan kosmetik menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan kulit cantik tidak bisa berdasarkan satu faktor saja akan tetapi juga yang berasal dari dalam dan luar tubuh turut ambil peranan.

Dilema yang dialami wanita dengan jenis kulit berminyak umumnya adalah timbulnya jerawat akibat banyaknya kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon endrogen. Disisi lain, kelenjar minyak justru malah membuat wajah awet muda. Meski demikian produksi hormon tersebut dapat diatur seiring dengan jenis makanan yang kita konsumsi serta perubahan usia.

Jenis makanan yang berlemak dan berminyak turut berperan dalam meningkatnya kadar minyak, namun pada usia dewasa muda (sekitar 25 tahunan) hormon endrogen akan berkurang dalam bekerja, ungkap Dr. Magdalena.

Faktor lingkungan yang turut mempengaruhi kondisi kulit berupa sinar matahari, polusi udara dan modernisasi (AC). Dampak dari sinar matahari bisa membuat flek atau bintik-bintik hitam (dermarosis seboroick) pada wajah.

Sedang pengaruh modernisasi berupa pemakaian AC yang terus-menerus tak dapat dipungkiri berakibat pada kekeringan kulit, dengan mengubah kadar kelenjar minyak. Kulit berminyak, jamur, dan serangga juga bisa menyebabkan kerusakan kulit. Sedang pada faktor individu yang mempengaruhi terutama kebiasaan buruk seperti malas mandi, atau malas membersihkan wajah.

Mengenal Kulit Kita
Kata orang jenis kulit normal adalah yang paling sempurna. Padahal bila kita tak tahu trik perawatannya, juga tetap rentan kena jerawat. Bila Anda berpikiran kulit berminyak dapat dibersihkan dengan pembersih dan penyegar untuk jenis kulit kering dengan maksud kulit ikut kering atau minimal kadar minyak berkurang, maka pemikiran tersebut salah besar. Yang benar adalah, gunakan pembersih wajah khusus kulit berminyak sebagai perawatan sehari-hari untuk kulit berminyak yang memang berfungsi mengurangi dan mengontrol kelebihan kadar minyak.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya masalah kulit tidak melulu terletak pada cara-cara membersihkan wajah yang dapat menangkal jerawat dengan ampuh, problem lain yang dialami berupa pembesaran pori, pigmentasi, dan kelesuhan wajah. Namun yang jelas pembesaran pori merupakan konsekuensi meskipun saat ini terdapat obat yang bisa mengecilkan pori meski tidak sempurna.

Pada jenis kulit kering memang tidak menimbulkan jerawat namun bila tidak dirawat sejak awal maka masalah kerutan atau penuaan dini tak dapat dihindari, apalagi masalah pigmentasi serta kelesuhan wajah dapat terjadi pula. Makanya kulit membutuhkan perlindung-an sehingga pemberian vitamin atau pelindung khusus sangat perlu dilakukan agar wajah senantiasa sehat dan segar.

Anda memiliki kulit normal yang merupakan dambaan tiap orang? Kulit jenis ini jarang memiliki masalah dengan jerawat karena berminyak tidak, kering pun juga tidak, sehingga penuaan dini bukan ancaman.

Jika sudah mendapatkan kulit normal maka hal selanjutnya hanya berupa perawatan rutin dan jangan terlalu tergiur dengan produk kecantikan yang menjanjikan ini dan itu.

Efek Alat Kontrasepsi
Jaringan kulit yang sangat sensitif dan tipis antara lain kelopak mata, bibir, kulit muka serta leher, maka perawatannya pun harus extra hati-hati. Jenis pembersih yang aman untuk dipakai diantaranya sabun, pembersih, penyegar dan vitamin. Pada kelopak mata dan bibir tetap harus dibersihkan agar terlihat jernih dan segar, yang diperlukan disini hanyalah air hangat atau vitamin dan jangan menggunakan cleanser karena terlalu keras, jelas Dr. Magdalena lebih lanjut.

Selain cara pembersihan yang termasuk faktor luar, problem yang timbul pada wajah biasanya jerawat, pigmentasi karena pengaruh alat kontrasepsi KB seperti pil, suntik, susuk atau bahkan sinar matahari, kelesuhan wajah, kusam dan kasar (lesitude). Dampak dari penggunaan alat KB dapat berupa bintik coklat/hitam atau bahkan timbul jerawat.

Hilangnya jerawat setelah usia dewasa muda tapi jika setelah itu masih ada, besar kemungkinan karena faktor hormon atau genetic, paparnya seraya menambahkan jerawat mungkin saja terjadi akibat penggunaan pembersih yang tidak sesuai jenis kulit wajah.

Jenis kulit berminyak umumnya merupakan jenis kulit yang paling sering bermasalah. Pada kulit jenis ini jerawat sering terjadi sebab lubang pori-pori membesar karena sering mengeluarkan kelenjar minyak, akibatnya pori-pori tertutup oleh minyak, debu atau kotoran lainnya

Pilih Kosmetik Teruji
Bagi wanita memakai kosmetik merupakan keharusan, namun meski kosmetik sudah menjadi bagian dalam diri wanita sedikit sekali hal-hal yang harusnya diketahui oleh kaum wanita. Seperti cara membeli produk kecantikan yang aman atau cara menguji kosmetik.

Dari sekian kosmetik yang ditawarkan ada baiknya Anda memakai produk yang khusus untuk daerah tropis, apalagi jenis kosmetik khusus daerah tropis memang telah melakukan riset sebelumnya sehingga kegagalan pada kulit persentasenya sangat kecil karena memang dibuat khusus untuk kulit tropis diantaranya orang Asia yang jelas berbeda dengan kulit orang non tropis (Eropa). Atau carilah produk yang telah melakukan uji cleanis kedokteran. Tidak banyak memang produk yang telah melakukannya namun demikian produk seperti itu bisa dijamin keamanannya.

Apabila Anda ingin mencoba suatu produk, saran Dr. Magdalena, cobalah kosmetik itu pada cuping telinga dan lengan bagian dalam. Daerah itu memiliki sensitivitas yang sama dengan kulit wajah. Bila ingin mengetahui reaksinya bisa dilihat setelah 48 jam, tukasnya. Bila menimbulkan gatal-gatal atau kulit wajah memerah, maka telah terjadi iritasi. Untuk amannya istirahatkan selama 2 minggu setelah itu baru Anda bisa mengetahui reaksi kosmetik baru tersebut secara sempurna.

Berawal Dari Perawatan
Perawatan kulit bagi seorang wanita harus dimulai sejak remaja, kira-kira usia 15 tahun. Setelah kita tahu kapan sudah harus merawat, langkah selanjutnya adalah mengenali secara benar jenis kulit dan jangan mengganti cleanser selain sesuai jenis kulit. Bagi wajah bermasalah, pengobatan harus sejalan dengan perawatan, tidak boleh jalan sendiri.

Kulit mengalami regenarasi setiap 2-3 minggu sekali atau setelah 14 hari, maka ada baiknya setiap bulan muka juga di-facial atau lebih tepatnya pada saat regenerasi. Untuk kulit berminyak bisa 2 minggu sekali. Selain berfungsi untuk mengangkat kulit mati yang tidak bisa lepas begitu saja, juga membersihkan kororan secara sempurna.

Facial yang terdiri atas pembersih, massage, pilling, dan masker benar-benar sangat berguna. Pilling berfungsi untuk membuka pori sehingga mudah mengeluarkan kotoran termasuk pada jerawat yang belum matang/komedo. Sedangkan membuat wajah terlihat kencang dan peredaran darah lancar adalah kegunaan masker. Oleh karenanya, memakai rutin 2 minggu sekali jelas sangat bagus di samping menunjang kecantikan. sumber : http://dokter-kecantikan.com/blog/tips-merawat-kulit-wajah/


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © terberita news | Powered by Blogger | Terberita Blog